-->

PD. RPH Medan Siap Rekomendasikan Sertifikat Halal MUI Untuk Pembeli Daging

harian9 author photo
  
Plt. Dirut PD. RPH Kota Medan Ainal Mardiah, SPd.,MSi

MEDAN| H9
Plt. Direktur Utama Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD. RPH) Kota Medan Ainal Mardiah, SPd, MSi menyampaikan, PD. RPH Kota Medan siap memberikan rekomendasi kepada pedagang dan pengusaha yang membeli daging berasal dari Rumah Potong Hewan kota Medan. Hal itu disampaikannya pasca  menerima perpanjangan Sertifikat Halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obat dan Kosmetika (LPPOM-MUI) selaku lembaga yang berwenang menerbitkan sertifikat halal. 

"Sebab hanya LPPOM MUI yang berwenang menerbitkan Sertifikat Halal untuk tingkat Provinsi, kabupaten dan Kota.diluar itu sertifikatnya tidak sah. Hal ini mengutip pernyataan Direktur LPPOM MUI Prof. Dr. Ir. H Basyaruddin, MS saat acara penyerahan sertifikat halal kepada 24 perusahaan  secara Webinar pada hari Rabu 19 Agustus 2020," ungkapnya Jumat (28/8/2020) di ruang kerjanya, Jalan Rumah potong Hewan No. 1 Medan.   

Ditegaskannya,  PD.RPH Kota Medan  tidak menjamin kehalalan terhadap daging yang dijual  oleh pedagang daging  yang bukan berasal dari RPH Kota Medan. Sebab bukti daging yang berasal dari PD. RPH Kota Medan ditandai dengan karcis PD.RPH Kota Medan yang diberikan kepada pedagang daging dipasar-pasar kota Medan sesuai dengan jumlah pembeliannya.   

"Jadi masyarakat jangan sampai terkecoh, terhadap pedagang daging yang mengaku-ngaku dagingnya berasal dari RPH Kota Medan, tanpa memiliki karcis pos mortem sebagai bukti daging tersebut sudah diperiksa kesehatannya sesuai tanggal pembelian dari RPH Kota Kota Medan," tegasnya.    

Dijelaskannya, rekomendasi RPH ini bertujuan, dalam upaya melakukan penegakan Peraturan Daerah No. 11 tahun 2014 tentang Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Kota Medan, terkait dengan tugas pokoknya yakni; mewujudkan dan meningkatkan pelayanan umum kepada masyarakat di bidang pemotongan hewan, pengadaan, dan penyaluran daging Aman, Sehat, Utuh, dan Halal  atau disingkat dengan ASUH.  

"Untuk itu kami himbau kepada  masyarakat agar lebih selektif dalam memperoleh daging halal dipasar kota Medan di pastikan daging tersebut berasal dari PD. RPH Kota Medan," imbau Ainal. 
    
Disebutkannya,  perpanjangan Sertifikat Halal yang diterima dari LPPOM MUI Sumut ini berlaku selama dua tahun tepatnya sampai 22 Juni 2020. PD. RPH Kota Medan adalah satu satunya rumah potong hewan di Medan sekitarnya yang memiliki sertifikat halal tersebut 

Diakuinya, masih banyak pedagang daging yang berjualan disejumlah pasar kota Medan tidak memperoleh daging dari RPH Kota Medan, Sehingga patut diragukan kehalallannya. 

"Karena ada tempat pemotongan hewan yang keberadaannya diluar Medan yang menggunakan metode stunning gun atau pemingsanan hewan sebelum di sembelih, yang sudah diharamkan menurut fatwa MUI," ucapnya. (pu.01)
Komentar Anda

Berita Terkini