Pelaksanaan Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Dihadiri Wabup Palas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Bertempat di Lapangan Merdeka Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padanglawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), juga  berlangsung ibadah Sholat Ied Idul Adha 1441 Hijriyah Tahun 2020 Masehi. dihadiri ribuan jamaah, Jumat. (31/07/2020).

Hadir di Sholat Idul Adha tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Padang Lawas (Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C.Ht.MM.M.Si, Waka Polres Palas, Kompol Kuto Pulungan, Staf Ahli Bupati, dan sebahagian para Kabag, Kabid dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Palas serta Forkopimda.

Sementara Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap bersama ketua TP-PKK Nyonya Hj.Yusra Ali Sutan, Sekda Palas Arfan Nasution, turut hadir melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Agung Almunawarroh Sibuhuan. hadir juga Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, Ketua DPRD Palas, Staf Ahli Bupati, dan sebagian Pimpinan OPD beserta Forkopimda.

Sambutan Bupati Palas pada sholat Idul Adha 1441H yang dibacakan Wabup Palas, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu mengatakan beberapa bulan yang lalu, Kementerian Agama RI mengumumkan meniadakan pemberangkatan jamaah haji Indonesia pada peyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 M/1441 H.

“Keselamatan warga Indonesia menjadi alasan utama karena penularan Covid-19 masih terus terjadi. Pembatalan keberangkatan jamaah haji berlaku untuk seluruh warga Indonesia, termasuk kuota haji pemerintah, haji reguler, haji khusus dan juga jamaah yang akan menggunakan visa haji Mujamalah atau Furada" kata Wabup.

Tentu kita merasa bersimpati khususnya bagi calon jamaah haji Palas yang seharusnya berangkat di tahun ini harus menunggu tahun depan untuk menunaikan Rukun Islam yang ke lima tersebut.

Dijelaskannya, bagi calon jamaah haji yang belum bisa berangkat ke tanah suci tahun ini, masih bisa mengamalkan salahsatu amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah menyembelih hewan qurban pada hari Idul Adha dan hari – hari tasyriq. Jelasnya.

Keputusan pemerintah ini merupakan yang terbaik, semoga ujian Covid-19 segera usai dan kita bisa menjalani kehidupan secara normal kembali.

"Hukum qurban menurut madzhab Syafii adalah Sunnah Muakkadah, makruh meninggalkannya. Bahkan bagi satu keluarga besar jangan sampai tidak ada yang berqurban minimal satu orang “.Pungkas Wabup.

Dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha yang berjalan dengan khidmat ini dijaga oleh sejumlah anggota TNI/Polri, serta menerapkan protokol kesehatan. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini