-->

Personil Polres Tapanuli Selatan Diterjunkan Ke Lokasi Karhutla

HARIAN9 author photo
TAPSEL| H9
Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terjadi di Kelurahan Muara Manompas Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan, menyebabkan lahan perkebunan milik 8 orang warga seluas 7 hektar habis terbakar, kemarin.

Mengatasi Karhutla tersebut, puluhan personil Polres Tapanuli Selatan bersama tim gabungan dari TNI, unsur pemerintahan Muara Batangtoru, karyawan PT. SKL dibantu masyarakat diterjunkan ke lokasi kebakaran untuk melalukan pemadaman api agar tidak meluas ke lahan lainnya yang berdekatan dengan lokasi kebakaran.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan 
Senin (10/08/2020), sekira pukul 22.00 Wib, titik api berangsur-angsur mulai bisa dipadamkan, namun lahan perkebunan warga seluas 7 hektar hangus terbakar. Sementara pihak Polres Tapanuli Selatan belum bisa memastikan asal api yang menyebabkan kebakaran.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH yang dikonfirmasi membenarkan adanya Karhutla di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan dan api sudah berhasil dipadamkan dengan menurunkan personil dari Polsek Batangtoru dan Sat Sabahara Polres Tapanuli Selatan, dibantu TNI dan masyarakat.

" Mendapat laporan ada Karhutla, saya langsung perintahkan anggota baik yang berada di Polsek maupun di Mapolres Tapanuli Selatan segera menjalin koordinasi dengan masyarakat sekitar untuk bersama-sama dan bergotong royong memadamkan api agar tidak menjalar ke tempat lain, " ujar AKBP Roman.

Senentara Kasat Sabhara Polres Tapanuli Selatan AKP. Sofyan mengakui lahan yang terbakar tersebut sulit untuk dipadamkan karena faktor cuaca yang kurang mendukung ditambah tiupan angin yang sangat kencang di beberapa titik api tersebut sehingga api mudah berkobar kembali.

" Atas kejadian Karhutla ini, kami masih mendalami sumber kebakaran, mengingat efek dari kebakaran hutan dan lahan bisa memperburuk kesehatan warga sekitar dan ekosistem yang ada di lahan tersebut. Tapi dari perhitungan sementara, luas lahan yang terbakar sekira 7 hektar yang merupakan milik dari 8 orang warga pekebun, " ucapnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini