-->

Pertukaran Jabatan di Dua Institusi TNI-AD di Tabagsel

HARIAN9 author photo
PADANGSIDIMPUAN| H9
Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP menduduki jabatan sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0212/Tapanuli Selatan, menggantikan Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP yang akan bertugas di Markas Besar TNI AD di Jakarta. Sedangkan jabatan Komandan Batalyon (Danyon) Inf 123 / Raja Wal yang ditinggalkan Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, diisi oleh pejabat baru Mayor Inf. Goklas Pirtahan Silaban.

Pertukaran jabatan di dua institusi TNI-AD di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) tersebut terungkap pada acara pisah sambut, Dandim 0212/Tapanuli Selatan dan Danyon Inf 123 / Raja Wali Gedung Nasional H. Adam Malik Kota Padangsidimpuan, Rabu (5/08/2020) malam.

Acara pisah sambut dihadiri Kepala Daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para pejabat, pimpinan DPRD, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, pimpinan OKP dan pompinan organisasi kenasyarakatan se Tabagsel, diantaranya Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu, Walikoita Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, Bupati Padang Lawas Sutan Oloan Harahap, Bupati Mandailing Natal dan Bupati Padang Lawas Utara.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0212/ TS Mayor Inf Dedi Iskandar selaku Ketua Panitia acara pisah sambut melaporkan, bahwa selama dijabat Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP, Kodim 0212/TS telah ditetapkan menjadi Kodim terbaik di Kodam I/BB.

“ Kami menghargai semua peran serta di bawah Kodim 0212/TS yang telah membantu menjadikan Kodim 0212/TS menjadi Kodim terbaik di seluruh dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, ” katanya.

Tokoh masyarakat Tabagsel, Mangaraja Tenggang mengharapkan tugas yang baik selama ini ditingkatkan dan dijaga. Ia pun berpesan, agar Kodim 0212/TS senantiasa dekat dengan masyarakat.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengucapkan salam perpisahan. Kebersamaan Bapak Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP dengan  seluruh masyarakat Tabagsel dalam waktu sekitar 2 tahun, tentu ada yang kurang da lebih dalam masa itu dan kami mengapresiasi segala Dharmabakti yang telah dilaksanakan

“ Kami berharap akan diberikan kesehatan, akan lebih sukses dalam karir di tempat yang baru dan kepada Dandim yang baru Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP tentu beliau bukan orang baru di kita ini. Tetapi kami juga mengucapkan selamat bertugas, ” katanya.

Tentang Kodim terbaik, kata Irsan, sebagai Kepala Daerah juga siap berperan serta dalam mempertahankan dan meningkatkan prestasi itu dan kepada pak Danyon yang baru Mayor Inf. Goklas Pirtahan Silaban di kesempatan yang baik ini juga kami ucapkan selamat bergabung di Kota Padangsidimpuan dan Tabagsel.

Sementara itu, Bupati Tapanuli Selatan Syahrul M Pasaribu menuturkan, bila pergantian pimpinan dari Batalyon 123/RW ke Kodim 0212/TS sudah seperti tradisi. Di mana beberapa pimpinan sebelumnya juga demikian. “ Saya ingat dari masanya Bapak Kris, Edi, Uyat, Septa dan pak Akbar, ” ucap Syahrul.

Bupati Syahrul juga menjabarkan luas Tabagsel ini menjadi regional dengan luas 25.8 persen dari luasnya Sumatera Utara, di mana dahulu saat masih Kabupaten Tapsel induk, merupakan Kabupaten terluas di Sumatera Utara.

“ Maka dari itu, menjaga persatuan, keamanan dan ketertiban ini adahal tantangan tersendiri bagi Kodim 0212/TS. Mudah-mudahan dan harapan saya, pak Akbar tidak lama-lama menyamdang ‘Melati Dua’, tapi secepatnya bisa menyamdang ‘Melati Tiga’. Selamat bertugas, saya berharap jangan setelah tidak di sini kontak kita terputus, ” ungkap Syahrul.

Dalam pisah sambut yang dihadiri unsur pimpinan daerah dari seluruh Kabupaten/Kota se Tabagsel, Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto SIP menuturkan, bila selama 4 tahun belakangan sejak dari Batalyon, tentu tidak terlepas dari salah dan banyak pelajaran berharga sebagai modal baginya dalam pengalaman ini.

“ Tentu dalam AD, ada perpindahan. Saya mendapat tour of duty dari Padangsidimpuan ke Jakarta. Sangat sulit bagi saya pribadi membalas kebaikan yang saya terima selama ini dari mitra kerja dan saya juga menyampaikan terimakasih, dan permohonan maaf bila ada kesalahan selama menjadi pimpinan Yonif 123/RW dan Kodim 0212/TS, ” terang Akbar.

Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing yang saat ini jadi Dandim 0212/TS berterimakasih atas arahan dan bimbingan dari para senior dan Kepada Daerah selama ia menjabat sebagai Danyon Inf 123/RW, terlebih sama senior, abang saya, Letkol Akbar yang telah menjaga kebersamaan dengan seluruh masyarakat Tabagsel.

“ Saya mohon bimbingan dari senior saya Letkol Akbar dan para Kepala Daerah se Tabagsel, terlebih saat ini Kodim 0212/TS menjadi Kodim terbaik. Tentunya tanggungjawab mempertahankan itu akan lebih berat. Tapi saya yakin dan percaya sata tidak bekerja sendiri, ada keluarga masyarakat Tabagsel yang membantu, ” ungkapnya.

Sementara Danyon Inf 123/RW yang baru Mayor Inf Goklas Pirtahan Silaban juga turut memperkenalkan diri, bahwa ia sebagai putra daerah yang berasal dari Siborong-borong, Tapanuli Utara, yang merupakan bahagian dari Teritori Yonif 123/RW.

“ Kami warga baru di sini. Nama Batak sekali. Goklas Pirtahan, Goklas artinya senang, Pirtahan yakni tahan, kuat. Silaban adalah marga. Istri Siska Prawati Panjaitan. Ompung kita dulunya ada di Tebing Tinggi, di Balige juga. Kami 15 Tahun yang lalu, berangkat dari Kota Medan, untuk menggapai cita-cita di Jakarta. Sekarang setelah 15 tahun, kami pulang kampung bersama 3 orang anak, bertugas di bawah Kodam I/Bukit Barisan, Yonif 123/RW, ” jelasnya.

Sebagai yang paling Junior di antara dua perwira menengah TNI AD itu, Mayor Goklas pun berharap bimbingan dari Dandim 0212/TS yang pernah menjabat sebagai Danyon Inf 123/RW Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing.

“ Kami juga mengucapkan selamat kepada abang kami. Ijin, bang Akbar, kami berharap, sukses dalam karir tugas dan cita-cita tercapai dan kepada abang kami, Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, semoga dibawah pimpinan abang kami, senior kami, Kodim 0212/TS semakin hebat. Mohon suport dari segala pihak yang ada, dan nasehat bagi kami sebagai warga yang baru, ” harapnya. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini