-->

Wabup Palas Hadiri Panen Padi Perdana di Balakka Sitongkon

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Wakil Bupati (Wabup) Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, Cht. MM. M.Si, menghadiri panen perdana tanaman padi sawah di balai benih Balangka Sitongkon, Arel Persawahan Dinas Pertanian (Distan) kabupaten Padang Lawas. Kamis (06/08/2020).

Selain Wabup, hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sekdakab Palas Arpan Nasution, S.Sos, Kadis Pertanian Palas H Ir Thamrin Harahap SP, Seketaris Pertanian Ir Eriono, serta jajaran Distan Palas, UPTD Padang Angkola dinas cipta karya dan tata ruang sumatra utara yang diwakili oleh kepala UPTD Batang angkola Bapak Daksur Poso, Ali Sahbana Hasibuan S.T. dan kasi irigasi Suyetno ST .Kelompok Tani, Forkopimcam dan undangan lainnya.

Pantauan Harian9.com, Panen perdana yang digelar Balai Benih Pertanian, Desa Gunung Manobot, Kecamatan Lubuk Barumun, merupakan areal persawahan Distan Palas dengan rangkaian acara Panen oleh Wabup yang langsung mencoba allsintant alat pemotong padi bersama serta lainnya.

Setelah memberikan kata sambutan, Wabup palas yang memakai baju batik berwarna Ungu biru dan pakai topi terlihat terjun langsung ke sawah didampingi oleh Sekda  Arpan Nasution melakukan panen perdana yang diikuti sejumlah pejabat yang hadir.

Selepas wakil bersama pejabat lainnyamelakukan panen padi tersebut acara diakhiri dengan makan bubur sumsum bersama sebagai tanda acara panen perdana Balai Benih Balangka sitongkon sudah terlaksana.

Sebelumnya, Kadis Pertanian Palas Ir. H. Thamrin Harahap, SP mengatakan, bahwa panen perdana yang kita laksanakan hari ini sebagai bukti, bahwa kita (Distan) sebagai induknya dan wadah seluruh para petani yg ada di Padang lawas, bersungguh-sungguh untuk membangun dan membina para petani demi mewujudkan padang lawas yang BERCAHAYA lewat swa-sembada pangan.

Selain itu, kadis Pertanian Thamrin harahap SP juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada UPTD Padang Angkola, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Sumatera Utara yang di hadiri dan diwakili oleh kepala UPTD Batang Angkola Bapak Daksur Poso, Ali Sahbana Gasibuan S.T. yang didampingi Kasi Irigasi Suyetno ST.

Yang mana dalam hal ini, pertanian yang ada di Padang Lawas, sa'at ini sudah tidak lagi mengalami kekurangan air khususnya di wilayah aliran irigasi Balangka Sitongkon. Pungkas Kadis Pertanian Palas Ir. H. Thamrin Harahap, SP.

Sementara Sekretaris Distan Palas, Ir. Eriono. Jumat, (7/8/2020) kepada Harian9.com  Menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Palas melalui Dinas Pertanian dalam rangka mendukung peningkatan produksi terus melakukan perbaikan jaringan irigasi yang ada, penambahan alsintan dan jalan usaha tani sehingga defisit produksi yang ada saat ini diharapkan setiap tahun semakin kecil sehingga dapat dicapai dan bahkan Kabupaten Palas nantinya bisa menjadi surplus beras.

"Dalam meningkatkan produksi pangan, semua tak terlepas dari seluruh penyuluh di wilayah produksi pangan, para petugas PPL, kegiatan koordinasi dan konsolidasi penyuluhan pertanian merupakan perwujudan perhatian pemerintah terhadap pentingnya peran serta PPL dalam upaya peningkatan hasil pertanian masyarakat. “Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat secara menyeluruh,” sebut Eriono.

Kemudian, saya mengharapkan kepada semua penyuluh pertanian agar dapat membantu petani/kelompok tani untuk terus berupaya mencari peluang-peluang untuk meningkatkan produksi dan produktivitas melalui penerapan berbagai teknologi baru yang senantiasa berkembang terus dari waktu ke waktu.

Sehingga, apa yang telah dicananangkan pemerintah pusat dan daerah kita ini akan tercapai, disegala bidang pertanian, disetiap Wilayah kerja penyuluh pertanian dapat hasil yang lebih maksimal. kata sekretaris distan Palas.

“Pada kesempatan tersebut Ia juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan alih fungsi lahan pertanian pangan khususnya lahan sawah,” tutup Eriono. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini