-->

Aceh Tamiang Telah Melakukan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH mewakili Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn dan unsur Forkopimda mengikuti acara Video Conference (Vidcon) bersama Gubernur Aceh tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Aceh, sesuai Pergub Aceh nomor 51 tahun 2020, kegiatan berlangsung di Aula Setdakab pada Jum’at (18/09/2020).

Pada kesempatan tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M. T menyampaikan, apresiasi kepada Bupati dan Walikota di tiga Kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh yang telah konsisten mendukung Peraturan Gubernur Aceh tentang Peningkatan Penanganan Covid-19, Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Aceh dengan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) dan Peraturan Walikota (Perwal) dimasing-masing wilayahnya,"jelasnya.

“Tujuan dibuatnya Pergub, bukan untuk mencari kesalahan, tapi meminimalkan kesalahan untuk menumbuhkan kepatuhan hukum bagi masyarakat. Sanski dibuat sebagai edukasi dari sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya Protokol Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19,"terang Gubernur. 

Dalam kesempatan itu juga, H. Basyararuddin,SH Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang dalam draft laporan Bupati menyampaikan, sesuai Kawat Gubernur Aceh nomor.080/13444 Tgl 14 September 2020 dalam penanganan dibidang Kesehatan, bahwa Satgas telah melakukan berbagai kegiatan yang bersifat preventif, promotif dan kuratif,"terangnya.

"Kegiatan Preventif yang dilakukan seperti penyedian tempat cuci tangan, penguatan kapasitas testing dan tracking, proses belajar dirumah dan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum. Kegiatan Promotif yang dilakukan ialah Media Kehumasan yaitu Baliho, Spanduk dan Medsos, khutbah jum’at tentang Covid-19. Sosialisasi Penegakan Hukum memakai masker dan pembagian masker kepada masyarakat. Sementara pada kegiatan Kuratif telah dilakukan Isolasi Mandiri bagi warga yang reaktif, kamar khusus reaktif Covid-19 di RSUD dan Gedung Isolasi.

"Aceh Tamiang juga telah melakukan penegakan hukum protokol kesehatan. Satgas Aceh Tamiang telah membentuk Perbup nomor 30 tahun 2020 tertanggal 14 September. Selain itu juga telah dilaksanakan sosialisasi sejak tanggal 25 Agustus 2020 sampai dengan 20 September mendatang, dan  akan diberlakukan sanksi atau penindakan bagi pelanggar Protokol Kesehatan,"ungkap Sekda. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini