-->

BI Sumut Sebut Penukaran Uang Pecahan Rp75 Ribu Capai 79 Ribu Bilyet

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9
Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 tahun RI masih terus berlangsung di kantor pusat Bank Indonesia dan kantor perwakilan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara mencatat hingga 25 September 2020, penukaran uang pecahan Rp 75 ribu tersebut sudah mencapai 79.509 bilyet.

"Hingga saat ini penukaran paling banyak secara kolektif yakni mencapai 74.101 bilyet. Sedangkan penukaran individu sudah mencapai 5.408 bilyet," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut), Wiwiek Sisto Widayat, Senin (28/9/2020).

Wiwiek mengatakan hingga Selasa 15 September 2020 jumlah UPK yang sudah ditukar oleh masyarakat secara kolektif sudah mencapai 40.621 bilyet. Sedangkan secara individu mencapai 3.933 bilyet. 

Terdapat dua cara pemesanan UPK 75 tahun RI ini yakni individu dan kolektif. Penukaran Kolektif dapat dilakukan dengan minimal daftar pemesanan 17 orang. 

Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan dan penukaran UPK 75 Tahun RI secara kolektif, yaitu Warga Negara Indonesia, Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), Minimal mewakili 17 orang, dan Satu KTP hanya berlaku untuk satu lembar UPK 75 RI. 

Untuk pemesanan, kelompok masyarakat menunjuk pihak yang akan mewakili mereka untuk melakukan penukaran dan menerima UPK 75 Tahun RI secara kolektif. Pihak yang ditunjuk menyampaikan surat permohonan dan daftar pemesan kolektif dalam format Ms. Excel melalui email kepada petugas Hotline Layanan Kolektif UPK 75 pada Kantor Bank Indonesia yang dituju.

Silakan masuk ke link https://pintar.bi.go.id, Klik info "Info Pemesanan Kolektif" di bagian kiri atas website, Klik bagian "Download Formulir Pemesanan Kolektif, Download Formulir Permohonan Penukaran dan Formulir Daftar Pemesan, sesuai kategori penukaran yang akan dilakukan, Isi kedua file tersebut secara lengkap, Kirimkan berkas ke email UPK75_MEDAN@bi.go.id.

"Pihak yang ditunjuk akan menerima notifikasi melalui email bahwa surat permohonan dan daftar pemesanan kolektif sudah diterima dan akan segera diproses. Pihak yang ditunjuk akan menerima konfirmasi jadwal penukaran UPK 75 Tahun RI dalam bentuk bukti pemesanan melalui email,"ujarnya.

Sedangkan dalam proses penukaran Pihak yang ditunjuk datang secara langsung pada lokasi dan jadwal yang telah ditetapkan sesuai yang tertera dalam bukti pemesanan. Pihak yang ditunjuk wajib membawa KTP asli pihak yang ditunjuk, Surat permohonan asli, Fotocopy KTP penukar yang terdapat pada daftar pemesanan, dan Bukti pemesanan yang diterima melalui email. 

"Siapkan uang tunai sejumlah nominal Uang Peringatan yang akan ditukarkan. Penukaran di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan Bank dilakukan dengan tetap menjalankan protokol COVID-19," pungkasnya. (pp04)
Komentar Anda

Berita Terkini