-->

Bobol Rumah Tetangga, Lelaki Ini Diamankan Reskrim Polsek Tanjung Morawa

HARIAN9 author photo
DELI SERDANG| H9
Masih mudah, sudah jago jadi maling. DA alias Dio (18), warga Dusun V, Gang Rahayu, Desa Tanjungbaru, Kecamatan Tanjungmorawa, Deliserdang.

Seorang diri, dia bisa membobol rumah dan mencuri barang-barang berharga milik tetangganya, Yeni Suhaini, warga Dusun V, Gang Rahayu, Desa Tanjungbaru, Tanjungmorawa, Deliserdang.

Korban, Yeni Suhaini, mengetahui rumahnya sudah dimasuki tamu tak diundang dan sejumlah barang-barang berharga miliknya hilang, saat dia pulang dari Kota Tanjungmorawa, pada Minggu, 21 Juli 2019 lalu, pukul 16.30 WIB.

Tiba di depan rumah, korban bergegas membuka pintu. Kreekkk! Pintu pun dibuka. Namun, korban langsung terkejut alang kepalang, ketika melihat kereta Honda Beat warna merah kombinasi putih BK 5250 MBA di ruang tamu rumahnya sudah raib tanpa bekas.

Curiga dengan itu, korban memeriksa seisi rumah. Dia makin terkejut, ketika mendapati uang Rp15 juta, hape merek Evercros, hape merek Nokia type 105, hape merek Strowbery, juga lenyap.

Tidak hanya itu, korban yang juga membuka toko kecil-kecilan di rumahnya, mendapati delapan bungkus rokok Surya kecil, tujuh bingkus Surya besar, enam bungkus Sampoerna Mild besar enam bungkus Sampoerna mild kecil dan 10 bungkus Magnum Mild.

"Empat hari kemudian, korban baru melapor ke kita (Polsek Tanjungmorawa), dengan bukti lapor No.LP/ 222 /VII/2019/SU/Res DS/Sek TG Morawa, tanggal 24 juni 2019, dengan kerugian materil Rp30 juta lebih," kata Kapolsek Tanjungmorawa, AKP Sawangin kepada wartawan, Selasa (1/9).

Penyelidikan dilakukan. Namun, baru dua bulan pascakejadian, barulah mendapat titik terang. 

Setelah mengetahui identitas dan ciri-ciri pelaku, polisi pun 'membobol' alias membekuk pelaku di rumahnya, Dusun V, Gang Rahayu, Kecamatan Tanjungmorawa, Senin (31/8), pukul 10.00 WIB.

Tak mau berlama-lama, polisi langsung memborgol kedua tangan pelaku dan menggelandangnya ke Mapolsek Tanjungmorawa.

Di kantor polisi, pelaku mengakui perbuatannya. Pelaku melancarkan aksinya, Minggu sore, 21 Juli 2020 lalu, pukul 15.00 WIB, dengan cara merusak pintu belakang rumah korban. Setelah masuk, tersangka mengambil celengan berisi uang dan puluhan bungkus rokok serta kereta Honda Beat.

"Dari pengakuan tersangka, celengan berisi uang dan rokok yang dicurinya telah habis difoya-foyakan. Dan kereta korban yang dicurinya sudah dijual ke Kota Cane, Aceh, kepada seorang laki-laki yang namanya tidak diketahui tersangka seharga Rp3,7 juta," beber Sawangin.

Untuk tersangka, polisi menjeratnya dengan Pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan (curat), yang ancamannya di atas lima tahun penjara. WD-40
Komentar Anda

Berita Terkini