-->

Bupati Aceh Tamiang Apresiasi Kinerja Disdukcapil

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Informasi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Drs. Sepriyanto kepada Kabag Humas Agusliayana Devita selaku juru bicara Pemerintah mengatakan, dari kemarin pagi hingga sore, sebanyak seribu enam ratus tiga puluh Akta Kelahiran berhasil diproses," ungkapnya melalui jaringan telepon seluler pada Minggu (06/09/2020). 

Drs, Sepriyanto Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Tamiang mengatakan, sejak awal bulan Juli 2020, dibantu dengan Petugas Registrasi Kampung (PRK) yang telah terlatih memfasilitasi masyarakat untuk membuat Akta Kelahiran dan hal itu telah memenuhi Instruksi Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn agar semua penduduk Aceh Tamiang segera memiliki Dokumen Kependudukan yang lengkap dengan Data yang benar dan terupdate, dengan prioritas pertama adalah Akta Kelahiran,"jelasnya.

“Angka seribu enam ratus tiga puluh untuk  Akta Kelahiran  merupakan hasil kerja dua hari yaitu Sabtu dan Minggu, dan sebelumnya sudah ada juga sekitar 1.500 akta yang selesai dari sekitar 8.000 pengajuan  yang sudah diterima melalui Petugas Registrasi Kampung (PRK), untuk selanjutnya akan di proses secara bertahap serta cepat. 

Sepriyanto juga menerangkan, keseluruhan Akta yang terhimpun dengan angka fantastis tersebut, merupakan hasil kerja diluar layanan rutin harian di loket Dukcapil yang biasanya hanya mencapai 20 sampai 40 Akta Kelahiran per harinya. 
Disdukcapil melayani kepentingan masyarakat dengan memanfaatkan waktu kerja diluar jam layanan rutin, bahkan hari libur, Akta Kelahiran yang telah selesai kami terbitkan, akan segera dibagikan ke masyarakat,"ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn mengatakan, apresiasi yang setingginya pada kinerja Kadis Dukcapil dan segenap jajarannya, karena telah berjibaku bersama jajaran Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Kampung dan Petugas Registrasi Kampung (PRK) untuk membantu masyarakat memiliki Dokumen Kependudukan,"ucapnya.

"Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang melalui Disdukcapil menghimbau kepada masyarakat untuk memeriksa kembali kepemilikan Akta Kelahiran dan dokumen lainnya. Bila anda sudah memiliki akta Kelahiran terbitan lama sampai tahun 2010, mohon segera melapor kepada Petugas Disdukcapil, agar segera dilakukan penginputan ke Database Dukcapil.

"Sementara bagi Masyarakat yang belum memiliki Akta Kelahiran, baik yang baru lahir, yang masih muda, bahkan yang sepuh sekalipun, silahkan datang ke Dinas Dukcapil atau bisa meminta bantuan Aparat Kampung atau langsung dengan Petugas Registrasi Kampung (PRK) agar dibantu dalam pengurusannya,"terang Bupati. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini