-->

Bupati Palas Lakukan Peletakan Batu Pertama SMK Al-Azhar

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Keinginan Masyarakat Kecamatan Barumun Selatan (Barsel), Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), untuk memiliki Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan segera terwujud, Pasalanya Bupati Padang Lawas H. Ali Sutan Harahap (TSO) diwakili Asisten III Ali Irfan Hasibuan, Senin, (07/09/2020) melakukan peletakan batu pertama pembangunan SMK Al Azhar yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Barumun Selatan.

Hadir dalam kesempatan tersebut  Kadisdikbud Palas, Hj Rosida Suryani Pulungan, Kepala Dinas Provinsi Cabang Gunung Tua Mara Doli diwakili Mangatas Siregar, Tokoh Pendidikan Kabupaten Palas, Marahadi Hasibuan, Camat Barsel H. Sakti Nasution, para Kasek SMK dan Kepala desa serta BPD, serta undangan lainnya.

Sambutan Bupati Palas yang dibacakan Asisten III  Ali Irfan Hasibuan mengatakan, peletakkan batu pertama pembangunan sebuah gedung ini perlu dimaknai sebagai peletakan pondasi berpikir dan landasan berpijak untuk memulai langkah besar dalam merealisasikan gagasan gagasan berlian demi pembangunan dan kesejahteraan masyrakat.

Dalam konteks pendidikan, menempati posisi penting dalam pembangunan karakter bangsa. Maka pembangunan gedung SMK AL Azhar memiliki makna penting melahirkan generasi yang memiliki integritas keilmuan,” terangnya.

Dia berharap, SMK Al Azhar ini nantinya mampu menyiapkan generasi bangsa yang kelak akan berkiprah di tengah tengah masyarakat.

Selain itu, Ali Irfan juga mengatakan, pemerintah daerah sangat mendukung dan memberikan apresiasi rencana pembangunan sekolah menegah kejuruan Al Azhar, karena sejalan dengan salah satu visi pemerintah daerah yakni mencerdaskan masyarakat dalam membangun karakter anak bangsa yang bekualitas dan siap pakai dalam lapangan kerja dunia usaha dan industri. Katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Ali Irfan menyampaikan, pemerintah daerah Kabupaten Palas telah menerbitkan Perbup Nomor : 31 Tahun 2020 tentang penerapan dispilin dan penegakan hukum Protokoler Kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Isi dari Perbup tersebut, pada Pasal 4 menjelaskan, setiap orang wajib melaksanakan dan mematuhi untuk menggunakan alat pelindung diri, berupa masker jika beraktivitas di luar rumah dan berinteraksi dengan orang lain,” Ujar Ali Irfan.

Sebelumnya, Marahadi Hasibuan, Tokoh Pendidikan Kabupaten Palas,  mengatakan, perkembangan sekarang ini kemajuan suatu daerah salah satunya terletak pada pendidikan.

Kepada yayasan SMK Al Azhar, Aswan Rifai Tarigan untuk terus bersaing meningkatkan mutu pendidikan yang membentuk karakter anak bangsa. Pesan Marahadi.

“Percayalah kalau kita mau berhasil pasti ada cobaan yang datang, sehingga perlu disiplin yang menjadi kunci keberhasilan. Makna disiplin tersebut adalah tertib waktu, tertib bicara dan disiplin dalam penerapan kegiatan proses belajar mengajar,” ungkapnya.

Sementara, Kacabdis Gunung Tua, Maradoli Hasibuan yang diwakili Kasi Ketenagaan SMK, Mangatas Siregar menegaskan, output dari SMK adalah melahirkan generasi anak bangsa yang mampu bekerja di dunia usaha dan industri.

“Pembentuk karakter yang memiliki daya saing disatuan pendidikan akan menarik minat masyarakat untuk mensekolahkan anaknya di SMK AL Azhar nantinya,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Yayasan SMK Al Azhar Aswan Rifai Tarigan bersama Ummi Khairani Tarigan mengatakan, tahap awal ini direncanakan akan dibangun 3 gedung lokal belajar, satu untuk laboratorium komputer.

Untuk jurusan yang direncanakan, tambah Aswan, yakni parkantoran dan akutansi. “Harapan kita, pembagunan SMK Al Azhar ini dapat terselesaikan sesuai rencana untuk mendorong kemajuan pendidikan anak bangsa,” pungkasnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini