-->

Dekranas Aceh Tamiang Munculkan Motif Kain Songket

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Kabupaten Aceh Tamiang Dr. Rita Syntia, MM melaksanakan rapat mengenai penentuan simbol dan motif songket khas Aceh Tamiang, kegiatan berlangsung di Pondopo Bupati  pada Kamis (24/09/2020).

Dalam rapat tersebut, beberapa motif dimunculkan untuk di daftarkan dalam Hak Atas Kekayaan Intelektual, diantaranya  pucuk rebung bersusun sirih, tampuk manggis, itik pulang petang, awan berarak, biji timun bersusun selasih.

Rita Syntia dalam rapat tersebut menyampaikan, sudah sejak lama Pemerintah Daerah menginginkan Adat Istiadat Budaya Aceh Tamiang dikenal oleh masyarakat luas. Untuk hal itu harus dimunculkan suatu ciri khas dari Budaya Tamiang itu sendiri,"jelasnya.

"Melalui rapat ini, agar secepatnya motif-motif songket dapat dipatenkan dan didaftarkan di HAKI dan selain itu, kita juga memiliki sanggar meulige yang harus di aktifkan kembali. Secara bertahap kita akan mengkaji kembali tentang filosofi kerajaan yang akan menjadi motif songket khas Tamiang, dan akan dibuat sketsa ulang,"ungkap Ketua Dekranas. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini