-->

Dinkes Paluta Adakan Swab Test Massal

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Dinas Kesehatan kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar kegiatan pengambilan sampel Swab test massal bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), personil TNI/Polri, kejaksaan negeri, petugas kesehatan di RSUD dan puskesmas maupun masyarakat bertempat di halaman kantor Bupati Paluta, Senin (21/9).

Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin Harahap menyebutkan bahwa selain kepada masyarakat, pelaksanaan kegiatan ini difokuskan kepada ASN, personil TNI/Polri, kejaksaan negeri maupun petugas kesehatan di RSUD dan puskesmas yang melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat.

Lanjutnya, untuk pelaksanaan pengambilan sampel Swab test ini ditargetkan untuk 165 orang yang difokuskan terhadap petugas yang melakukan pelayanan langsung dan tenaga kesehatan yang juga memiliki kontak erat dengan pasien suspect maupun konfirmasi.

“Target kita sebanyak 165 orang dan kegiatan ini kita jadwalkan berlangsung selama 5 hari kedepan dan kita hanya mengambil sampel cairan untuk Swab test,” ujar dr Sri Prihatin Harahap disela-sela kegiatan, Senin (21/9).

Lebih lanjut disampaikannya, program swab test massal ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan dan Dinkes Provsu yang menyasar keseluruh daerah yang masyarakatnya ada pasien konfirmasi positif Covid-19.

Dikatakannya, sampel untuk Swab test ini nantinya akan dikirim ke Dinkes Provsu untuk selanjutnya dilakukan tes laboratorium secara PCR dan hasilnya akan diterima selama 5 atau 7 hari kedepan.

“Sampel yang diambil hari ini, nanti akan langsung kita kirim ke Dinkes Provsu untuk diperiksa di laboratorium,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa pengambilan sampel Swab test ini dilakukan oleh petugas analis yang terlebih dahulu sudah mengikuti pelatihan untuk pengambilan Swab test.

Disebutkannya, Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Paluta khususnya pihak Dinkes akan terus memonitor terkait pandemi corona yang sampai hari ini masih membutuhkan penanganan secara maksimal. 

“Kita tetap akan terus mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun serta menjaga jarak agar dapat memutus mata rantai penyebarannya,” katanya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini