-->

Ditengah Covid 19, Perusahaan Dibidang Kelapa Sawit Berhentikan Karyawan Tanpa Pesangon

HARIAN9 author photo
BESITANG| H9
Disaat masa pandemi covid-19 PT ST yang merupakan perusahaan pribumi dibidang kelapa sawit malah memberhentikan beberapa karyawannya, sedihnya karyawan tersebut tidak diber pesangon. Padahal tiap ada perusahaan yang memberhentikan karyawannya wajib beri pesangon sebagai mana yang telah diamanatkan dalam UU.No=13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Menurut penuturan salah seorang pekerja, SA sebagai warga Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat dia telah bekerja di Perkebunan PT ST sebagai satpam sejak tahun 1998, sekitar 22 tahun, pada bulan Juli 2020.

"Saya bersama lima Satpam lainnya diberhentikan pihak managemen perusahaan dengan alasan tentang Covid 19," katanya, Selasa (23/9/2020).

SA juga mengatakan pada saat itu pihak perusahaan berjanji akan mempekerjakan lagi setelah dalam waktu dekat ini, tapi hampir empat bulan dibiarkan terkatung-katung begitu saja.

Malah dari Enam orang yang telah diberhentikan sejak itu sudah digantikan dengan Satpam yang baru Masuk. Dalam hal pemutusan hubungan kerja sepihak"ini, "kami merasa dizolimi,"katanya.

Kemudian enam orang Pekerja telah menyampaikan permohonan perselisihan hubungan Industrial kepada Dinas Ketenaga Kerjaan Kabupaten Langkat yang bertujuan agar pihak perusahaan dapat menyelesaikan tentang hak-hak mereka.

Ramlan az Sebagai Kuasa ke Enam pekerja tersebut mengatakan pemberhentian para pekerjayang dilakukan oleh perusahaan ini jelas suatu tidakan kejahatan dan tidak manusiawi.

"Selama puluhan tahun bekerja mereka tidak pernah diberikan Uang tunjangan THR.Juga tidak didaftarkan di Program BPJS Ketenaga kerjaan termasuk uang lembur,"ujarnya.

Hal ini jelas pihak perusahaan telah melangar peraturan perundang-undangan yang berlaku. Setiap pengusaha yang mem PHK pekerjanya wajib memberikan Berdasarkan UU.No 13 tahun 2003 di Pasal 156. (r9

Komentar Anda

Berita Terkini