-->

Dosen USU Gandeng DLH dalam Membina Masyarakat Berbudi Daya Jamur Merang

HARIAN9 author photo
MEDAN H9
Telah dilakukan Pengabdian Masyarakat oleh dua Dosen USU di bawah Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) yaitu Prof. Dr. Erman Munir MSc. dan Liana Dwi Sri Hastuti, MSi., PhD di Desa Tanduken Raga, Deli Serdang. 

Pengabdian ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  dibawah kementrian lingkungan hidup dalam membina masyarakat setempat dalam Berbudi Daya Jamur Merang menggunakan limbah tandan kosong (Tankos) kelapa sawit, untuk meningkatkan  income dan tambahan penghasilan  masyarakat. 

Pada kesempatan itu hadir beberapa anggota masyarakat, staf DLH, dan tim USU beberapa alumni dan mahasiswa. 

Prof. Dr. Erman Munir MSc  mengatakan Limbah Tandan Kosong hasil Pengolahan Kelapa Sawit dari hasil olahan  Pabrik sekitar Desa Tanduken Raga selama ini hanya menumpuk dan tidak terpakai sehingga dapat menimbulkan pencemaran, terutama karena baunya yang kurang sedap. 

"Oleh karena itu pemanfaatan limbah tankos menjadi media tumbuh jamur merang, sangat baik dalam mengurangi pencemaran, dan hasil budidaya jamur merang dapat membantu ekonomi masyarakat," katanya, Kamis (17/9/2020). 
Tim USU dan staf DLH bekerjasama dalam memberikan pelatihan bagaimana membudidayakan jamur merang dengan media tankos, dari mulai proses fermentasi (dokemposisasi),  sterilisasi media tankos, pemberian bibit hingga panen. 

Tim ABDIMAS beserta mahasiswa Ira Dhani Puspita Ningrum (alumni), Reza Purba, dan  Cynthia Ghazali beserta staf DLH Susanto dan Jamiah turut membina masyarakat bagaimana memanen jamur merang dan pengemasan yang baik,  sehingga harga dapat bersaing dan mampu menjerat minat masyarakat akan jamur merang tankos ini. 

Pihak DLH diwakili Bapak Susanto serta masyarakat sangat mengapresiasi kegiatan ini hingga berharap tim USU dapat terus bekerjasama dan membina masyarakat di Desa Tanduken Raga,  Deli Serdang. (PP04)
Komentar Anda

Berita Terkini