-->

DPRD Setujui Ranperda P-APBD Kabupaten Paluta Tahun 2020 Menjadi Perda

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mengesahkan rancangan peraturan daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan tahun anggaran 2020 menjadi peraturan daerah dalam rapat paripurna DPRD Paluta dengan agenda pengambilan keputusan dan persetujuan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD kabupaten Paluta tahun 2020 di aula rapat paripurna DPRD Paluta, Sabtu (19/9).

Rapat paripurna yang menerapkan protokol kesehatan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHI yang dihadiri oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, pimpinan dan anggota DPRD Paluta, pimpinan OPD se Paluta, FORKOMPIDA, camat, Ormas/OKP, tokoh masyarakat beserta undangan lainnya yang diawali dengan laporan badan anggaran yang dilanjutkan dengan pendapat akhir fraksi-fraksi terhadap raperda tentang perubahan APBD kabupaten Paluta tahun 2020.

Dalam laporan Banggar DPRD Paluta yan disampaikan oleh anggota DPRD dari Partai Golkar Siramuddin Harahap menyampaikan bahwa adanya dinamika kondisi ekonomi menyebabkan perlunya penyesuaian terhadap asumsi kondisi makro ekonomi dan refocusing anggaran serta target pendapatan tahun anggaran 2020.

Berdasarkan hasil evaluasi capaian sampai dengan triwulan III tahun 2020, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan atau penyesuaian antara lain :
-kegiatan pencegahan dan penanggulan penyebaran Covid-19,
-Pergeseran dan atau pengurangan anggaran akibat dampak Covid-19,
-Adanya regulasi nasional yang mempengaruhi secara langsung struktur APBD Kabupaten Paluta,
-Terjadinya pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan,
-Adanya pergeseran anggaran antara program, antar kegiatan, antara jenis belanja,
-Adanya SiLPA pada tahun anggaran 2019,

“Setelah melalui tahapan-tahapan pembahasan dan yang terakhir ditingkat badan anggaran, maka badan anggaran dewan menyatakan dapat menyetujui Ranperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2020 untuk ditetapkan menjadi Perda,” ujarnya.

Sementara, 6 fraksi di lembaga legislatif Kabupaten Paluta secara bulat menyatakan menerima dan menyetujui ranperda APBD Perubahan 2020 yang diajukan Bupati Paluta beberapa waktu lalu. 

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh anggota DPRD Paluta atas peranannya dalam membahas.

Katanya, dengan disepakatinya Ranperda tentang perubahan APBD kabupaten Paluta tahun 2020, ia berharap agar dapat dilaksanakan sesuai dengan target kinerja yang telah ditetapkan sehingga percepatan pembangunan kabupaten Paluta dapat terealisasi sesuai dengan makna dan arahan RPJMD Kabupaten Paluta.

“Atas curahan pikiran dan tenaga dari pihak Pemda dan DPRD dalam menyelesaikan agenda pembahasan Ranperda menjadi Perda tentan perubahan APBD Kabupaten Paluta tahun 2020 saya menyampaikan terima kasih. Dan bila dalam pelaksanaan sidang terdapat perbedaan pendapat dan hal-hal yang kurang berkenan dihati saudara pimpinan dengan anggota dewan yang terhormat, kami mohon maaf,” ucapnya.

Di akhir acara, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi bersama ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHI beserta pimpinan DPRD lainnya bersama menandatangani persetujuan dan pengesahan Ranperda etag prubahan APBD Kabupaten Paluta tahun 2020 menjadi Perda.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini