-->

Dua Pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel Mendaftar Ke KPU

HARIAN9 author photo
TAPSEL| H9
Dua pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati / Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tapsel tahun 2020 mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapsel Jalan Sipirok-Padangsidimpuan KM 9 Desa Situmba Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapsel, Minggu (6/09/2020).

pendaftaran pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel ini merupakan pendaftaran di hari terakhir pendaftaran Pasangan Balon Kepala Daerah Tapsel di hari ke tiga, setelah pada dua hari sebelumnya, tidak satupun pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Talsel untuk Pilkada tahun 2020 yang mendaftar.

Pantauan di Kantor KPU Tapsel, pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel Dolly Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran yang diusung 7 partai gabungan dengan jumlah 27 dari total 35 jumlah kursi di DPRD Tapsel mendaftar usai melakukan shalat Ashar  di Masjid Islamiyah, Desa Situmba Sipirok.

Adapun partai pengusung pasangan Dolly-Rasyid pada Pilkada Tapsel tahun 2020 yakni Partai Gerindra (8 kursi), Partai Golkar (8 kursi), PPP (3 kursi), PKB (1 kursi), Demokrat (1 kursi), PDIP (1 kursi) dan PAN (5 kursi).

Dalam proses pendaftaran tersebut, KPU Tapsel menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan (Prokes) bagi yang rombongan pendaftar dengan mewajibkan pakai masker, cuci tangan pakai sabun sebelum memasuki ruangan KPU dan selalu jaga jarak. Sedangkan jumlah peserta yang ikut mendaftarkan juga dibatasi, hanya masing-masing Ketua dan Sekretaris gabungan Parpol yang diperbolehkan memasuki ruangan aula KPU dan sejumlah personel dari Kepolisian dan TNI juga terlihat berjaga-jaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diingini.

Kehadiran rombongan pimpinan Parpol yang mendaftarkan pasangan Dolly-Rasyid dipimpin Ketua DPC Partai Gerindra Tapsel, Husin Sogot Simatupang, didampingi Ketua DPD Golkar Tapsel, Rahmat Nasution, Sekretaris Golkar Tapsel, Muhammad Sunhaji, Ketua DPD PAN Tapsel, Borkat, S.Sos, Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu dan juga mantan Bupati Tapteng, Panusunan Pasaribu.

Kedatagan rombongan disambut Ketua KPU Panataran Simanjuntak dan seluruh Komisioner KPU dan Komisioner Bawaslu Tapsel, selanjutnya mereka melakukan pendaftaran di aula kantor KPU Tapsel, kemudian, komisioner KPU Tapsel langsung melakukan verifikasi dan memeriksa kelengkapan berkas balon yang mendaftar agar tidak ada lagi kekeliruan berkas, terutama menyangkut SK pengurus partai mulai dari tingkat Pusat, Propinsi dan Kabupaten.

Pada malam harinya, pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel Yusuf Siregar-Roby Agusman Harahap menjadi pasangan ke dua yang mendaftar ke KPU Tapsel dipimpin Ketua Tim Toga Mahaji Ritonga, bersama pimpinan partai pengusung, antara lain, Pimpinan DPD Partai NasDem dan pimpinan DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Tapsel beserta anggota DPRD dari kedua partai tersebut dan simpatisan Paslon.

Paslon Yusuf-Roby diusung Partai NasDem dan Hanura yang masing-masing memiliki 4 kursi dari total 35 jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tapsel. Mereka mendaftar usai melaksanakan sholat Isya dan disamput Ketua KPU Panataran Simanjuntak dan seluruh Komisioner KPU serta Komisioner dan Ketua Bawaslu Tapsel, SL Simbolon.

Dipendopo kantor KPU, sebelum masuk menyerahkan bukti dukungan dan menyerahkan formulir B1-KWK sebagai salahsatu syarat penting mendaftar, pasangan calon Yusuf-Roby terlebih dahulu menunjukkan masing-masing surat hasil tes swab mereka yang hasilnya Negatif.

Usai menerima berkas adminiustrasi pendaftaran kedua pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Tapsel untuk Pilkada Tapsel 2020 Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak mengungkapkan bahwa administrasi kelengkapan syarat pencalonan dan syarat calon ke dua pasangan Balon Bupati dan Waklil Bupati Tapsel cukup lengkap.

Dijelaskannya, adapun berkas administrasi yang diserahkan ke KPU tersebut antara lain, rekomendasi dukungan partai, izajah kedua calon, surat keterangan tidak sedang dicabut hak pilihnya, NPWP, fhoto copy KTP, hasil swab Covid-19, rekomendasi bebas dari narkoba, dll.

“ Secara umum, persyaratan pencalonan dua pasang Balon itu sudah lengkap dan dari seluruh berkas administrasi dan persyaratan yang telah ditetapkan KPU seluruhnya telah dapat dipenuhi oleh ke dua pasangan Bal;on Bupati/Wakil Bupati, “ terang Panataran.

Ditempat terpisah, pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel Dolly Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran melalui Ketua Tim pemenangan Husin Sogot Simatupang mengucapkan terima kasih kepada KPU Tapsel yang telah mengakomodir pasangan Balon Bupati / Wakil Bupati Tapsel Dolly-Rasyid dalam pendaftaran ke KPU.

“ Kami mengapresiasi KPU yang telah mengakomodir pasangan ini, sehingga tidak ada kendala dalam kelengkapan berkas yang diajukan dan mudah-mudahan semua berjalan lancar untuk proses tahapan selanjutnya, “ ujar Sogot. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini