-->

Gubsu Harapkan Gerakan Pramuka Ikut Bantu Penanggulangan Covid-19

HARIAN9 author photo
MEDAN | H9
Gerakan pramuka merupakan suatu organisasi pendidikan yang fokus kepada pendidikan bagi anak-anak dan remaja. Namun dalam perjalanannya, gerakan Pramuka juga aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial dan pembangunan masyarakat. Semangat sosial ini diharapkan tetap berkibar dan ditingkatkan khususnya dalam rangka membantu penanggulangan Covid-19.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat menjadi Pembina Upacara Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 tingkat Daerah Sumut, Selasa (1/9), di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Adapun tema yang diangkat adalah “Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”.

“Selamat Hari Pramuka yang ke-59 Tahun 2020. Secara khusus, saya mengucapkan terima kasih kepada Gerakan Pramuka Provinsi Sumut yang sudah ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam penanganan Covid-19. Seperti penyaluran sembako, membagikan masker, menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah dan menjadi relawan yang mengedukasi masyarakat,” ujar Edy yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Pramuka Daerah Sumut.

Sejak terjadinya wabah Covid-19, terang Edy, gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangan. Di tingkat Kwartir Daerah Sumut, telah dibentuk Satuan Tugas Penanggulangan Bencana dan Covid-19, juga di jajaran Kwartir Cabang, Kwartir Ranting sampai Gugus Depan serta berbagai satuan Pramuka yang bergerak bersama pemerintah dan masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan kode kehormatan gerakan Pramuka berupa Dwi Satya, Tri Satya, serta Dwi Darma maupun Dasa Darma Pramuka yang bagian utamanya adalah untuk menekankan kepada para Pramuka agar dapat menolong sesama makhluk hidup dan ikut membangun masyarakat,” kata Edy.

Kegiatan bakti sosial yang dilakukan para pramuka, lanjut Edy, merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

“Pada kesempatan ini, izinkan lah saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, mulai dari para Bupati/Walikota selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka, para camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, para Ketua Pimpinan Satuan Karya, pimpinan satuan komunitas dan seluruh jajaran pemerintah yang telah membantu berbagai aktivitas yang dilakukan oleh gerakan pramuka,” tutup Edy.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Upacara Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 Tingkat Daerah Sumut sekaligus Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut OK Zulkarnain menyampaikan motto yang diangkat dalam kegiatan adalah “Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan”. Adapun peserta upacara terdiri dari unsur majelis pembimbing daerah Sumut, unsur pengurus Kwartir Daerah Sumut, perwakilan penerimaan Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) dari Kwartir Cabang, serta peserta virual terdiri dari Kwarcab se-Sumut dan Pimpinan Satuan Karya (Saka) Tingkat Daerah .

“Adapun rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-59 Tahun 2020 adalah upacara, bincang virtual Kwartir Daerah Sumut, Bakti Donor Darah, pembacaan puisi, ragam lomba dan ziarah makam pahlawan,” terang Zulkarnain.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula penyematan Penghargaan Gerakan Pramuka secara simbolis oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi kepada 10 penerima. Di antaranya, Sekretaris Daerah Sumut sekaligus Sekretaris Mabida Pramuka Sumut menerima Lencana Karya Bakti, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah sekaligus Wakil Ketua Mabida Pramuka Sumut menerima Lencana Darma Bakti, Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi sekaligus Anggota Mabida Sumut menerima Lencana Darma Bakti, Kepala Dispora Sumut Baharuddin Siagian menerima Lencan Karya Bakti dan Kepala Bagian Keprotokolan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Muhammad Ikhsan menerima Lencana Pancawarsa I. (pr-01)
Komentar Anda

Berita Terkini