-->

Kabupaten Aceh Tamiang dan Langkat Berkoordinasi Tangani Covid

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Didasarkan pada kondisi pandemi yang tidak dapat ditentukan dengan pasti mengenai kematian pasien, maka dibutuhkan tata laksana secara spesifik dalam mencegah penyebaran Covid-19 kepada tenaga medis maupun tenaga pemulasaraan jenazah serta keluarga dan masyarakat pada umumnya. 

Untuk menyusun langkah tersebut, Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang dengan Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara
melaksanakan rapat koordinasi Penanganan Pemulasaran Jenazah Covid-19, kegiatan berlangsung di Aula Setdakab pada Jum’at (25/09/2020).

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH dalam kesempatan tersebut mengatakan, sebagaimana kita ketahui bahwa kedua Pemerintahan memiliki hubungan baik, terlebih lagi bertetangga, walau beda Provinsi,"terangnya.

"Kami mengarahkan kepada Instansi dibidang pelayanan agar memberikan kesamaan hak kepada setiap warga Langkat yang datang berobat ke Kabupaten Aceh Tamiang, jangan sampai ada perbedaan dalam pelayanan kesehatan. Namun tentunya dalam penanganan permasalahan Covid-19 tetap harus mengedepankan  protokol kesehatan,"terang Sekda. 

Kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat dr. H. Indra Salahuddin, M. Kes, MM menyampaikan, kami sangat berterima kasih atas pelayanan di bidang Kesehatan yang diberikan kepada warga LLangkat, terlebih lagi dalam penanganan penyakit menular, yang dalam aturannya tidak ada pembatasan sama sekali selagi masih dalam wilayah NKRI. Sehingga apabila ada kendala-kendala yang terjadi alangkah baiknya dapat kita cari solusi bersama, sehingga hubungan baik ini tetap terjaga,”ungkapnya.

"Diketahui bahwa beberapa waktu lalu, adanya kasus pasien Covid-19 asal Langkat yang meninggal dunia di RSUD Aceh Tamiang. Dalam penanganan terhadap jenazah tersebut, Pemerintah Kabupaten Langkat mengakui dan menilai  Kabupaten Aceh Tamiang sudah cukup baik. Kendati demikian, besar harapan bersama, agar koordinasi antar Kabupaten ini dapat lebih ditingkatkan terkait prosedur penyerahan jenazah,"jelas Sekda Langkat. 

Dalam hasil rapat tersebut disimpulkan, untuk memudahkan koordinasi dalam penanganan pasien atau jenazah pasien Covid-19 antar Kabupaten yang dirawat lintas, maka untuk Kabupaten Langkat dapat menghubungi langsung Kepala Dinas Kesehatan dan selanjutnya Kabupaten Aceh Tamiang dapat menghubungi Kepala Bagian Humas setdakab Aceh Tamiang selaku juru bicara Covid-19. (WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini