-->

Kemenag Sumut Gelar Pembinaan KBIHU Se Kabupaten Paluta

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Utara (Sumut) menggelar pembinaan untuk Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) pasca pandemi Covid-19 di kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) bertempat di aula hotel Mitra Indah Gunungtua, Padang Bolak (13/9/2020).

Pelaksanaan pembinaan ini menghadirkan narasumber pelaksana tugas kepala Kanwil Kemenag Sumut Dr H M David Saragih SAg MM, anggota DPR-RI komisi VIII fraksi PKB Drs H Marwan Dasopang MSi beserta sejumlah staf bidang penyelenggaraan haji di Kanwil Kemenag Sumut.

Kegiatan diikuti oleh pihak perusahaan pelaksana perjalanan haji dan umroh di kabupaten Paluta, Ormas Islam, organisasi kepemudaaan Islam, organisasi kewanitaan Islam, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya.

Pelaksana tugas KaKanwil Kemenag Sumut Dr H M David Saragih SAg MM menyebutkan bahwa kegiatan ini sangat perlu dilaksanakan untuk menjamin pelaksanaan keberangkatan haji dan umroh dapat berjalan sesuai aturan.

Hal itu dilakukan mengingat KBIHU merupakan lembaga sosial keagamaan yang bermitra dengan pemerintah dan telah mendapatkan izin untuk melaksanakan bimbingan kepada jamaah haji sebelum keberangkatan ke tanah suci, selama perjalanan, dan saat berada di Arab Saudi.

"Keberadaan KBIH ini diharapkan mampu memberikan peningkatan pengetahuan jemaah haji, sampai dengan kepulangan ke tanah air," ujarnya.

Sesuai UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, dijelaskan bahwa masyarakat baik secara perseorangan maupun dengan membentuk kelompok bimbingan dapat memberikan bimbingan ibadah haji.

Ia juga menegaskan bahwa keberadaan KBIH sangatlah strategis, sehingga perlu persiapan yang baik dalam pelaksanaannya. 

"Pelaksanaan manasik oleh KBIH harus senantiasa menaati pedoman operasional kelompok bimbingan manasik haji. Tujuannya agar jamaah dapat melaksanakan ibadah hajinya dengan baik dan tercapai cita-citanya mendapat haji mabrur," harapnya.

Selain itu, dimasa pandemi Covid-19 saat ini, pelaksanaan bimbingan haji kemungkinan besar nanti akan dilakukan secara virtual ataupun dengan aplikasi penghubung lainnya.

Karena itu, ia berharap agar pembinaan KBIHU ini nantinya dapat menjadi langkah untuk memberikan bimbingan kepada masyarakat maupun pihak pengusaha penyelenggaraan haji dan umroh sehingga calon hemaah haji khususnya dari kabupaten Paluta nantinya dapat melakukan ibadah haji dengan baik dan menjadi haji yang mabrur.

Pantauan, kegiatan diisi dengan sesia dialog dan tanya jawab antara narasumber dan peserta terkait prisedur dan aturan baru untuk pelaksanaan bimbingan haji bagi calon jemaah haji.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini