-->

Ketua TP PKK Paluta Kunjungi Posyandu Desa Mandasip

HARIAN9 author photo
PALUTA| H9
Dalam rangka bulan pemberian Vitamin A bagi balita, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap didampingi Wakil Ketua Ny Masdoripa Hariro Harahap dan para pengurusnya serta tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta kunjungi Posyandu Desa Mandasip, Kecamatan Simangambat, Senin (31/8).

Pemberian vitamin A bagi balita ini merupakan salah satu kegiatan yang sudah terlaksana sejak dulu sebagai upaya dalam pencegahan bahaya stunting kepada balita.
Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap menjelaskan tentang bahaya stunting kepada para kader maupun ibu hamil yang datang ke Posyandu.

Menurut penjelasannya, stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
Penurunan stunting perlu dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak.

“Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Stunting juga membuat si anak rentan terhadap penyakit,” katanya.
Tambahnya, upaya pencegahan dan penanggulangan stunting perlu menyasar penyebab langsung maupun tidak langsung melalui pendekatan menyeluruh yang mencakup ketersediaan asupan gizi bagi ibu dan balita.

Diakhir sambutan, ia mengajak seluruhnya berkomitmen untuk menurunkan stunting di Kabupaten Paluta dan Desa Mandasip.

“Bersama kita lakukan perbaikan dari seluruh sisi, penuntasan stunting melalui program strategi yang terintegrasi demi terwujudnya visi misi Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradab,” tutupnya.

Usai pemberian vitamin A kepada balita, Ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Amin Harahap bersama rombongan juga memberikan biskuit asupan sebagai makanan tambahan balita serta memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kebutuhan gizi keluarga untuk mencegah dan menekan jumlah bayi lahir stunting. (WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini