-->

Lagi Asik Pesta Miras, Seorang Sekdes Diamankan Polres Palas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Seorang oknum Sekretaris desa di Kabupaten Padang Lawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara ( Sumut) terpaksa di amankan Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Palas.

KP Seorang Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Payah Bujing, Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas, terjaring razia saat tengah asyik berpesta minuman keras (miras) di salah satu kedai tuak di jalan lintas Riau-Bulusonik, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Kamis (03/09/2020). Sekira pukul. 09.00. Wib.

Oknum Sekdes tersebut diamankan bersama sembilan orang lainnya dari dua lokasi kedai tuak yang berbeda. Empat orang wanita yang berprofesi sebagai Pekerja Sek Komersial (PSK), tiga orang pemilik kedai tuak dan tiga orang pengunjung atau peminum termasuk sekdes tersebutjuga ikut diamankan.

Kapolres Padang Lawas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK melalui Kasat Sabhara, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH. membenarkan adanya penangkapan, pemilik kedai dan pelayannya, bersam pengunjungnya pada saat razia Pekat, yang dilaksanakan Hari ini.

Kasat Sabhara Polres Palas, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH.  mengatakan demi memberi efek jera kepada para pecandu penyakit masyarakat dan mewujudkan wilayah Kabupaten Palas yang semakin Bercahaya,  bebas dari penyakit masyarakat, kami akan terus melakukan razia dengan cara berbeda-beda agar hasilnya akan lebih maksimal. Katanya.

Yusuf menjelaskan, mereka terjaring dalam operasi menciptakan situasi yang aman dan kondusif, dan menanggapi Perda Kabupaten Padang Lawas Nomor 07 Tahun 2015 Tentang, Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol. yang di mulai sekira pukul 09.00 Wib, Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres), Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), melaksanakan Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) dengan sasaran Judi, Minuman Keras (Miras) dan Pekerja Sek Komersial (PSK). di wilayah Jalan Lintas Riau - Bulusonik Kabupaten Palas, Kamis (03/09/2020).

Untuk Razia hari Kamis, (03/09/2020) Di dua lokasi yaitu, di lokasi Kedai Tuak Jalan Lintas Riau-Bulusonik, Kecamatan Barumun milik TS, dilokasi tersebut petugas berhasil mengamankan barang bukti sebanyak satu (1) Buah Jerigen berwarna biru berisikan tuak., duapuluh (20) gelas plastik., sepuluh (10) teko plastik., dan tiga belas (13) botol bir putih kosong., Pelayan sebanyak 4 orang 
(SR., TT., BH dan WA) serta tiga orang pengunjung atau peminum (RH.,AD., dan
KP (seorang SekDes Desa Paya Bujing Kecamatan Barumun tengah).

Selanjutnya, ditempat kedua milik RS dan HP lokasi kedai Tuaknya yang berada di desa Gunung Manaon, dan di lokasi tersebut anggota juga berhasil mengamankan barang bukti sebanyak sebelas (11) Kotak Tuak Suling. Kata Kasat Sabhara polres Palas.

Dari hasil razia tersebut itu, Pemilik warung/kedai, pelayan, pengunjung atau peminum dan seluruh barang bukti yang didapat petugas, saat ini telah diamankan di Mapolres Palas, dan untuk para pelaku dipersangkakan dengan melanggar Pasal 03 Ayat (2) Perda Kabupaten Padang Lawas Nomor 07 tahun 2015. Tentang Pengendalian, pengawasa dan penertiban minuman beralkohol. Terangnya.

Total barang bukti yang diamankan, Miras sebanyak (1) Buah Jerigen berwarna biru berisikan tuak., sebelas (11) Kotak Tuak Suling. duapuluh (20) gelas plastik., sepuluh (10) teko plastik., dan tiga belas (13) botol bir putih kosong., juga turut diamankan. Ketiga pemilik Miras, pelayan dan pengunjung bersama barang bukti Miras langsung digiring ke Mapolres Palas untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Palas No 07 Tahun 2015 tentang pengendalian, pengawasan dan penertiban minuman beralkohol. “Kedua tetsangka pemilik tuak dan pemilik kedai tuak melanggar Pasal 03 ayat (2) Perda 07 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol, “ujar Yusuf.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palas memberikan siraman rohani kepada pemilik kedai tuak, pelayan dan pengunjung yang terjaring razia pekat Sat Sabhara Polres Palas guna meningkatkan kesadaran yang melanggar norma agama dan peraturan pemerintah. pungkas, Kasat Sabhara Polres Palas, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH.  (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini