-->

Lelang Kendaraan Dinas Pemkab Palas, Sangat Memuaskan Peminat

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Sedikitnya 27 kendaraan dinas roda empat dan dua yang dilelang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas  (Palas) Provini Sumatera Utara (Sumut), melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Padangsidimpuan yang beralamat di Jalan Kenanga Nomor 99 atau melalui www.lelang.go.id. sangat diminati masyarakat.

Terbukti, hanya tiga kendaraan yang roda dua yang sudah dipastikan belum ada yang meminatinya tersebut oleh peserta lelang.

Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Palas, Tri Anta HD melalui Kabid Pengelolaan Aset Daerah, Hasintongan A. Manik mengatakan, harga penawaran paling rendah adalah 17 paket yang berisi kendaraan roda 2 dengan harga awal Rp 204 ribu sampai Rp 1,8 juta, sedangkan yang paling tinggi adalah‎ kendaraan roda empat yang ditawarkan mulai Rp 32,5 juta.

Kabid Pengelolaan Aset Daerah,
Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palas, Hasintongan A. Manik  mengakui banyaknya peminat lelang kendaraan dinas. Hal itu terjadi akibat rendahnya harga limit awal yang ditawarkan.

"Dari 27 kenderaan dinas yanf kita lelang tersebut, Hanya tiga kenderaan roda dua itu tidak ada peminatnya, karena mungkin kenderaannya rusak berat. 25 kenderaan lainnya laris manis terjual," ungkap Hasintongan A. Manik, di kantornya, Selasa (29/09/2020). Kepada Harian9.com ketika sedang persiapkan berkas berkas kenderaan dinas yang lalu terjual dalam lelang tersebut.

Hasintongan A. Manik menjelaskan, dengan banyaknya peminat lelang kendaraan dinas ini pemerintah daerah rencananya tahun depan tidak menutup kemungkinan akan kembali melalukan lelang lanjutan lagi melalui KPKNL. Dengan harapan banyak yang menjadi peserta lelang. "Yang kemarin kan haya tiga kederaan roda dua yang tidak ada peminatnya, akan kami lelang ulang ditahapam berikutnya. Dalam lelang nantinya kita buat lagi paketnya . Mudah-mudahan peminatnya  banyak, dan semakin bertambah lagi kedepannya," jelasnya.

Manik berharap, dengan adanya nanti lelang berikutnya jumlah peminat lelang akan bertambah. Dia mengklaim, harga paket lelang kendaraan dinas yang ditawarkan harga awal sudah lebih murah, karena kita sesuaikan dengan keadaan kenderaan dan jelas didalam tabel kenderaan yang dilelang. Katanya.

"Kita kan melihat lelang kali ini yang sangat memuaskan bagi peserta lelang dan sangat diminati. Mungkin saya rasa lelang yang kita lalsanakan ini lebih murah. Mudah-mudahan saja peserta lelangnya semakin banyak, untuk leleng mendatang," terangnya.

Menurutnya, hingga saat ini kita masih terus mendata tambahan beberapa kendaraan OPD yang rusak untuk dilakukan lelang. Bahkan katanya, kendaraan dinas tetus kita data dan ditertibkan. Sehingga pihaknya akan berusaha mengoptimalkan aset itu dengan cara ditarik. "Aset di SKPD kita ini banyak. Tapi secara stimulan kita akan cek, data tarik agar tidak ada lagi kendaraan yang kondisinya rusak masih ada di SKPD terkait," tuturnya.

Saat ini kita telah persiapkan semua berkas berkas kenderaan yang sudah terjual dilelang, sehingga peserta yang telah membelinya sudah memiliki kelengkapan kenderaan yang dibelinya, tutur Manik dengan nada semangat sambil tersenyum.

Selain itu Manik menyatakan, lelang kendaraan dinas dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Dengan harapan, kendaraan yang rusak itu bisa segera dihapuskan agar tidak menjadi beban Pemkab Palas. "Itu sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, dalam rangka penghapusan aset yang sudah tidak lagi dipakai oleh SKPD," pungkasnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini