-->

Peduli Terhadap Kesejahteraan Petani, Wabup Sergai Serahkan Bantuan Alat Pertanian Kepada Petani Dolok Masihul

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9
Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap para petani, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya memberikan bantuan berupa Alat Pertanian kepada petani di Kecamatan Dolok Masihul, rabu (17/9/2020). Bantuan tersebut berupa 20 bantuan Hand Spreyer dan 1 unit Cultivator.

Bantuan itu diserahkan Wakil Bupati (Wabup) bertepatan dengan acara peletakan baru pertama pembangunan gudang dan bengkel Alsintan kelompok tani Kecamatan Dolok Masihul bertempat di Dusun I Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul.

Usai menyerahkan bantuan tersebut, Wabup Darma Wijaya yang merupakan putra asli Dolok Masihul ini berpesan kepada para petani agar dapat menjaga bantuan tersebut dengan baik. Karena menurutnya, jika bantuan tersebut dijaga dengan baik, para petani dapat mempergunakan alat tersebut pada musim selanjutnya.

"Kami berharap, bantuan ini dapat dijaga bersama sama dengan baik. Sebab, jika dijaga dengan baik, maka alat tersebut tidak cepat rusak sehingga jika kita ingin menggunakan kembali, maka fungsi dari alat tersebut masih sama dengan sebelumnya," ungkap Darma Wijaya.

Dikesempatan itu, Wabup Darma Wijaya juga mengajak para petani untuk merubah minset (pola pikir). Karena menurutnya, para petani saat ini hanya mengandalkan pola lama yang beranggapan bahwa lahan yang lebar, maka hasilnya besar serta sebaliknya lahan yang sempit maka hasil pun kecil. Pola seperti ini harus kita rubah. Hal ini bertujuan agar petani lebih dapat meningkatkan hasil.

"Kita harus melihat kondisi pertanian pada Negara Jepang, mayoritas pertanian diJepang dalam satu musim dapat menghasilkan 12 ton per hektarnya, sedangkan di Indonesia khususnya Sergai, dalam setiap musimnya hanya menghasilkan 6 ton per hektar. Oleh sebab itu pentingnya membentuk pola baru dalam Pertanian Khususnya Padi,"ujar Wiwik, sapaan akrab H Darma Wijaya.

Dikatakan Wiwik, untuk mengubah pola pikir para petani ini dibutuhkan peran penting dari para penyuluh pertanian dan perkebunan. Kerena para penyuluh ini merupakan ujung tombak dalam mensukseskan setiap target hasil panen yang memuaskan, bahkan menghasilkan untung yang berlipat.

"Saat ini, perkebunan kelapa sawit juga mengalami lonjakan harga, pada situasi ini, penyuluh perkebunan juga harus dapat mengambil peranannya," pungkasnya.

Sementara itu, usai menerima bantuan Cultivator, Ketua Kelompok Tani Holtikultura Kecamatan Dolok Masihul Drs. Alpian Purba (50) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wabup Sergai H Darma Wijaya yang telah memberikan bantuannya kepada para kelompok tani di Kecamatan Dolok Masihul

"Atasnama kelompok tani Holtikultura Kecamatan Dolok Masihul kami mengucapkan terimakasih kepada Wabup Darma Wijaya. Semoga dengan diberikannya bantuan berupa alat pertanian ini, dapat menjadikan hasil pertanian dari kelompok tani Kecamatan Dolok Masihul menjadi jauh lebih baik lagi,"ungkap Alfian Purba.

Tampak hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Radianto SP, Kepala Desa Kerapuh Ahmad, Ketua BKPRMI Sergai Andi Ginting. Dikesempatan itu Wabup juga memberikan sumbangan 50 sak semen untuk  pembangunan gudang dan bengkel Alsintan kelompok tani Kecamatan Dolok Masihul.(WD023)

Komentar Anda

Berita Terkini