-->

Pemda Aceh Tamiang Dukung Peluncuran Program Banpres Produktif

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M. Kn diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tamiang H. Basyaruddin, SH  membuka peluncuran program Banpres produktif untuk usaha mikro, kegiatan berlangsung di Aula setdakab  pada Jum’at (11/09/2020).

Bupati Aceh Tamiang dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Aceh Tamiang menyambut baik program  yang tentunya sangat membantu pelaku usaha mikro ditengah Pandemi Covid-19,"jelasnya.

“Bantuan yang bersifat hibah dan bukan pinjaman, oleh sebab itu kepada para pelaku usaha mikro terkhusus penerima bantuan program ini, agar benar-benar dapat memanfaatkan dana yang diberikan sebagai modal usaha serta untuk mengembangkan usaha produktif. Sehingga nantinya dapat bertahan dan keluar dari masa sulit seperti sekarang ini, dengan tujuan untuk mengurangi resiko sosial yang terjadi di masyarakat juga meningkatkan daya beli masyarakat. 

“Para pelaku usaha mikro patut bersyukur kepada Allah, karena disaat menghadapi kesulitan mendapat kemudahan. Pergunakanlah bantuan tersebut untuk meningkatkan perekonomian keluarga,”ungkap Sekda membaca amanah Bupati. 

Kesempatan yang sama, Rafe’i, SE selaku Kepala Dinas Perindustrian, UKM dan Koperasi dalam laporannya mengatakan, maksud dari peluncuran ini ialah menindaklanjuti program Nasional yang telah launching melalui Kementerian Perindustrian pada tanggal 24 Agustus lalu. Selain itu, program ini bertujuan untuk memudahkan pelaku usaha yang belum terakses kredit perbankan agar usahanya tetap berjalan,"ucapnya.

"Pemerintah menargetkan penyaluran kepada 12 juta pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia, dengan masing-masing mendapatkan 2,4 juta. Sedangkan untuk kriteria penerima bantuan ialah memiliki usaha mikro yang aktif, tidak sedang mengakses kredit, memiliki KTP dan NIK yang sesuai.

“Jumlah pelaku usaha mikro di Kabupaten Aceh Tamiang sendiri dari data yang telah dihimpun oleh Dinas Perindustrian, UKM dan Koperasi sebanyak 4299 dan selanjutnya dilakukan penyeleksian oleh Pemerintah Pusat, maka bantuan tersebut akan disalurkan kerekening masing-masing melalui BNI, BRI maupun lembaga keuangan lainnya selaku mitra penyaluran Banpres produktif untuk usaha mikro,” terang Rafe’i.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, unsur Forkopimda Aceh Tamiang, pimpinan BRI, BNI dan PNM cabang Aceh Tamiang serta para pelaku usaha.(WD-013). 


Komentar Anda

Berita Terkini