-->

Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang Laksanakan Program SDC

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG|H9
Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M.Kn mengikuti pembukaan Diklat Berbasis Kompetensi 3 In 1 operator mesin dan peralatan produksi pabrik sawit di Kabupaten Aceh Tamiang, kegiatan dilakukan secara virtual melalui Video Conference berlangsung diruang rapat Bupati  pada Selasa (29/09/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aceh Tamiang menyampaikan,  diklat ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja, khususnya pada industri minyak kelapa sawit. Ini juga sebagai wujud keseriusan Pemerintah Daerah untuk mengatasi masalah pengangguran,"jelasnya.

"Kondisi pandemi Covid-19 saat ini telah membuat negara mengalami ancaman dari berbagai sektor, meski begitu kita masih bisa bersyukur, karena tahun 2020 ini Kabupaten Aceh Tamiang dapat melaksanakan pelatihan 3 in 1 sebanyak dua angkatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan,"tegas Bupati. 

Kesempatan yang sama, Drs. Indra Amin, M.Si selaku Kepala Balai Diklat Industri Medan dalam sambutannya mengatakan, penyiapan tenaga kerja industri kompeten merupakan salah satu amanah yang telah dituangkan didalam undang-undang nomor : 3 tahun 2014 tentang perindustrian,"jelasnya.

"Wujud dari penyiapan tenga industri tersebut selanjutnya dikolaborasikan secara kemitraan dengan pelaku usaha industri ,asosiasi industri dan Pemerintah Daerah sebagai pembina industri melalui diklat berbasis kompetensi 3 in 1 yang link and match dengan kebutuhan saat ini dan kegiatan ini merupakan bagian dari Program Kerja Skill Development Centre (SDC). 

“Untuk itu, berbagai persyaratan sebagai keberlangsungan penyelenggaraan diklat, telah kami lakukan dan koordinasikan baik dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang, maupun dengan Dinas Perindustrian Kota Medan menyangkut persyaratan administratif, teknis penyelenggaraan maupun protokol kesehatan,” terang Indra Amin.

Kesempatan selanjutnya, pembukaan Diklat oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementrian Perindustrian yang dalam hal ini diwakili oleh Kapus Diklat Drs. Dodi Marhati, MM yang mengatakan, pelatihan ini merupakan angkatan ke 25 Diklat berbasis kompetensi. Dimasa pandemi Covid-19 saat ini banyak berdampak  beberapa aspek kehidupan sehari-hari, diantaranya kesehatan, sosial, ekonomi dan tentunya penularan virus ini masih berlangsung sampai sekarang. Namun demikian Pemerintah tidak serta merta diam begitu saja, telah banyak kebijakan dan langkah-langkah yang diciptakan  mencegahnya,"terangnya.

“Saat  adaptasi kebiasaan baru, Pemerintah juga tetap melakukan Diklat Berbasis Kompetensi yang ditujukan membantu masyarakat mendapatkan skill, untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,”jelas Dodi.

Tampak mengikuti Vidcon diantaranya  Direktur Politekhnik Teknologi Kimia Industri Medan, Kepala Barista Industri Medan, pimpinan PT. Bumi Sama Ganda  Aceh Tamiang, pimpinan PT. Universal Indofood Product (UNIBIS) Medan, pimpinan PT. Mayora Tbk Medan, serta para peserta pelatihan berbasis kompetensi 3 in 1. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini