-->

Pemkab Aceh Tamiang Terus Lakukan Penegakkan Pemakaian Masker

HARIAN9 author photo
ACEH TAMIANG| H9
Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang terus melakukan upaya penegakkan disiplin pemakaian masker di pasar tradisional dan pusat perdagangan pekanan yang ada di kecamatan, dalam menekan kasus penyebaran Covid-19, kegiatan sosialisasi Gebrak Masker dilaksanakan di Pasar Pekanan Kampung Simpang IV Kecamatan Karang Baru pada Selasa (01/09/2020). 

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan Zulfiqar, SP didampingi  Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Rafe’i, SE, Kasatpol PP dan WH Drh. Asma’i, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Syuibun Anwar, Kepala BPBD Syahri, SP,  Kabag Humas Agusliayana Devita, S.STP, M.Si, serta Forkopimcam Karang Baru. 

Rombongan tiba dilokasi pekanan sekitar pukul 09.30 wib, para Tim tampak berpencar menyusuri pasar guna melakukan sosialisasi sekaligus membagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Selain membagikan masker, dalam kegiatan itu  juga dilakukan edukasi kepada  masyarakat akan pentingnya melindungi diri dengan menggunakan masker.

Berbeda dari empat kunjungan sebelumnya, Tim Gabungan ditengah kerumunan dan padatnya kondisi pasar, menjaring para pengunjung  yang tidak menggunakan masker. Satu per satu pengunjung yang tidak bermasker dikumpulkan pada satu tempat, kemudian diberikan arahan oleh petugas sosialisasi, baru setelah itu diberikan masker kepada mereka.

Pada dilokasi kegiatan, pengunjung pekanan yang didominasi oleh kaum perempuan, terlihat sudah tampak kesadarannya untuk menggunakan masker. Jika dipersentasikan, setidaknya  hanya tiga puluh persen saja para pedagang dan pengunjung yang tidak menggunakan masker.

“Kepada Ibu, Bapak mari gunakan masker untuk melindungi diri dari ancaman Covid-19. Gunakan masker setiap melakukan aktivitas diluar rumah. Masker yang kalian gunakan selain melindungi diri sendiri juga melindungi orang lain dari bahaya virus,"jelas Zulfiqar. 

Zulfiqar menambahkan, Pemerintah turun di pusat keramaian untuk mensosialisasikan disiplin menggunakan masker, nanti setelah ini akan kita buat sanksi bagi yang tidak displin. Akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam melindungi diri selama Covid-19, inilah yang menjadi perhatian serius Pemerintah melakukan sosialisasi disejumlah pasar  yang ada di Aceh Tamiang,"terangnya.

"Pemerintah berharap kesadaran masyarakat Aceh Tamiang untuk terus menggunakan masker, jaga jarak atau physical distancing dan rajin mencuci tangan, usaha tersebut harus terus semakin meningkat ke depan. Dengan begitu kasus baru virus corona di Aceh Tamiang akan semakin menurun, sesuai yang diharapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan juga Pemerintah.

“Mulailah dari hal yang kecil seperti menggunakan masker dan mencuci tangan, kebaikannya bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk masyarakat luas. Kita sama-sama berharap dan berdo'a agar tidak ada lagi Virus Corona di Aceh Tamiang khususnya, dan di Indonesia umumnya. Mudah-mudahan dengan adanya pembagian masker ini, kesadaran masyarakat terutama untuk kesehatan diri sendiri meningkat,” ujar Zulfiqar. (WD-013). 
Komentar Anda

Berita Terkini