-->

Perbup Prokes Covid 19 Terus Dilaksanakan Pemkab Palas

HARIAN9 author photo
PALAS|H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui pemerintah kecamatan terus melaksanakan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 31 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease Disease 2019 (Covid-19) hingga ke desa-desa.

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Ketua Harian Tim Gugis Tugas Covid 19 Palas Hamka Harahap, Kakan Satpol PP diwakili Kabid OPS Khairuddin Siregar, SE, Kasat Tahti Aiptu K. Sitanggang, Kapus Lubuk Barumun dr Sri Bahagia Tanjung, dan sebagai peserta Kepala Desa dan PKK desa se Kecamatan Lubuk Barumun.

Sosialisasi ini sekaligus dengan dirangkaikan penyerahan masker kepada tim gugus tugas Covid terhadap Kepala Desa dan PKK desa, Senin (28/9/2020) yang dipusatkan di halaman pemerintahan kantor Camat Lubuk Barumun.

Ketua TP PKK Kabupaten Palas Hj. Yusra Ali Sutan mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar masyarakat semakin tahu telah ada peraturan bupati tentang protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sehingga nanti bisa ditaati dan diindahkan oleh seluruh masyarakat melalui pemerintah kecamatan dan desa yang ada di wilayah kerja Kecamatan Lubuk Barumun.

Apabila perbup ini dilanggar, warga akan mendapat sanksi. Agar tingkat pelanggaran warga tidak ada dan sanksi tidak didapat, perlu perbup ini disosialisasikan sehingga masyarakat paham dan mau melaksanakannya,” ujar Hj Yusra.

Sementara Camat Lubuk Barumun, Sulaiman Harahap menjelaskan, sampai saat ini, wabah Covid-19 masih ada. “Karena itu, Camat mengimbau, agar semua kepala desa serta PKK Desa secara bersama aktif menyampaikan kepada warga agar selalu berupaya mencegah penyebaran Covid dalam menjaga kesehatan diri dan keluarga,” terangnya.

Selain itu, Upaya pencegahan ini, kata dia, harus sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang telah diterapkan pemerintah, yakni memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan serta menjauhi kerumunan atau dikenal dengan penerapan pola 4 M.

Dengan adanya perbup tentang protokol kesehatan berikut sanksinya dan ini mulai berlaku sejak 19 Agustus 2020. Diharapkan, dapat dipatuhui masyarakat dengan baik sebagai bentuk peran serta ikut serta memutus mata rantai penyebaran Covid -19 khusus di Kabupaten Palas. Sebut Sulaiman.

Camat menanbahkan Salah satunya, mewajibkan masyarakat memakai masker saat beraktivitas di luar rumah,” katanya.

Dikesempatan sama Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin SE menjelaskan, dengan keluarnya perbub ini, merupakan satu bentuk kepedulian serta perhatian dari pemerintah terhadap kesehatan masyarakat.

“Jadi diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan sebagai dan menjauhi kerumunan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Didalam hal pemaparan isi perbub beserta sanksi-sanksinya juga disosialisasikan kepada kepala desa serta PKK Desa serta dilaksanakan pemberian saran dan tanya jawab kepada yang hadir dikegiatan sosialisasi.

Sejumlah peserta menyarankan, di samping sosialisasi seperti ini juga pemerintah perlu juga menerapkan sanksi Perbup agar masyarakat disiplin menaati prokes sebagai bentuk pencegahan.

Dilanjut Kapolsek, Untuk mencegah penyebaran Covid 19, kita harus dan dengan disiplin memtahui Prokes tentu masyarakat akan terhindar dan terjangkitnya Covid 19 juga lebih waspada menjadi kesehatan.

“Melalui sosialisasi ini diharapkan peran aktif kepala desa serta PKK desa UU untuk terus gencar melakukan imbau kepada warga untuk bersama menjaga dan mencegah penyebaran Covid ditengah masyarakat,” Pungkas Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin SE. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini