-->

PKPA dan LWR Angkat Isu Kebersihan dan Kesehatan di Tanah Karo

HARIAN9 author photo
MEDAN|H9
Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) bermitra dengan Lutheran World Relief (LWR) dalam Program Kopi Nande yang mengangkat isu-isu kebersihan dan kesehatan di Kabupaten Karo, khususnya di 5 Desa dampingan Yayasan PKPA yaitu, Desa Sikab, Desa Penampen, Desa Bulanjulu, Desa Bulanjahe yang berada di Kecamatan Barusjahe, dan Desa Lingga yang berada di Kecamatan Simpang Empat.

Selain mengangkat isu kebersihan dan kesehatan kedua lembaga itu juga mengadakan kegiatan “Penyerahan Hadiah Duta kebersihan se-Kabupaten Karo 2020” di Aula Kantor Bupati Karo yang dihadiri kurang lebih 35 peserta. 

Hal ini dikarenakan situasi COVID-19 yang membuat panitia membatasi jumlah peserta dalam kegiatan langsung ini. 

Pengelolaan Limbah Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Elda Arnaeva Sitepu menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mencari dan mengutus orang orang pilihan yang mampu mengkampanyekan nilai-nilai kebersihan dan kesehatan.

"Duta kebersihan yang terpilih bisa menjadi agen pada tempat dan lingkungannya masing-masing terlebih dahulu. Dan Duta Kebersihan yang sudah terpilih tidak hanya menjadikan kemenangannya untuk gaya-gayaan saja akan tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," katanya, Kamis (30/9/2020).

Terdapat 3 pemenang untuk kategori pelajar yang bernama Abdi Semesta Sitepu (Desa
Batu Mamak, Kec. Tigabinanga), Pri Manda Barus (Simpang Ujung Aji, Berastagi) dan
Febiyola br Purba (Jln. Kotacane, Kabanjahe) dan 3 pemenang untuk kategori dewasa
yang bernama Ade Silvianinta br Sitepu (Desa Bulanjahe, Kec. Barusjahe), Feby Tria
Lesmana (Desa Raya, Kec. Berastagi) dan Ferson Rolando Munthe (Desa Merek, Kec.
Merek) yang mana salah satu diantaranya merupakan peserta dari desa Dampingan
Program Kopi Nande Yayasan PKPA, yaitu Desa Bulanjahe.

Dalam hal ini para pemenang mendapatkan uang tunai, dan Piagam pengahargaan. Tidak hanya itu, para peserta juga akan bersama sama dengan program kopi nande untuk membantu mengkampanyekan nilai nilai kebersihan dan kesehatan demi meningkatkan taraf kebersihan dan kesehatan dikabupatan karo. 

Koordinator lapangan Program Kopi Nande, Pelawi mengatakan dengan teriakan Bumi Turang Bersih. Tanah Karo Sehat.

Perlombaan Pemilihan Duta Kebersihan Kab. Karo 2020 mengangkat Tema “Peran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan.

Peserta lomba dituntut untuk membuat video aksi berdurasi maksimal 5 menit dengan memperlihatkan kerjasama antara laki-laki dan perempuan.

Sebelumnya, kegiatan ini telah berlangsung sejak tanggal 09-23 September 2020
sebagai masa pendaftaran, dan penerimaan video dengan total 42 peserta yang
tercatat melakukan pengiriman video aksinya yang terdiri dari kategori pelajar dan
kategori dewasa. 

Kemudian pada tanggal 26 September 2020 adalah pengumuman kejuaraan yang dilakukan dengan seluruh peserta secara virtual melalui Zoom Meeting, yang mana penilaian video langsung dinilai oleh Dewan Juri seperti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina S. Meliala, M.Kes, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Eddi Surianta Surbakti, M.Pd, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hesti Maria br Tarigan SH, dan
Kasi. (PR01
Komentar Anda

Berita Terkini