-->

PLN Bersama Yayasan Medan Pers Gelar Pelatihan Jurnalistik Dan Fotografi

HARIAN9 author photo
MEDAN| H9 
Ketua pelaksana kegiatan pelatihan Ilmu Jurnalistik dan fotografi yang diberikan oleh PT. PLN dengan program “PLN PEDULI” bersama Yayasan Medan Pers, Kurniawan mengatakan untuk saat ini keberadaan jurnalis sangat maju dan tumbuh pesat, dimana seiring dengan kemajuan teknologi seorang jurnalis dituntut untuk menguasai teknologi yang berkembang saat ini.

"Seperti contoh seorang jurnalis ataupun wartawan harus menguasai ilmu komputer serta ilmu kejurnalisan di zaman ini," ujar Kurniawan, belum lama ini.

Sementara itu, Direktur Yayasan Medan Pers, Muhamad Guntur mengatakan acara ini terselenggara atas kerja sama dengan PT. PLN (Persero) UIPSU dalam program PLN Peduli

"Untuk pembinaan sumber daya pelatihan insan pers dan jurnalistik, ilmu jurnalistik sangat penting saat ini karena tatantangan pers saat ini tidak hanya profesional namun pers juga harus menguasai IT dan Ilmu Fotografi," katanya. 

Dikatakannya, untuk saat ini media sulit mencari wartawan, maksudnya wartawan yang profesional serta berkwalitas yang punya integritas, oleh karena itu wartawan yang tidak profesional diera saat ini dia akan tersisih secara alami.

"Pada masa orde baru, dulu wartawan yang idealis adalah apabila wartawan tidak pro pada suatu kelompok dan  tidak akan dianggap sebagai wartawan, sebab tanpa ada dasar yang secara akademis," jelas Muhamad.

Sehingga untuk saat ini banyak orang menjadi wartawan tanpa mempunyai pemahaman kewartawanan, dan itu bisa merugikan media itu sendiri, seperti ada berita hoax dan fitnah,
 itu menjadi dosa besar jadi kode etik dalam jurnalis. 

"Saat ini saya sangat senang sebab antusias peserta lumayan tinggi, dimana saat ini saja saya targetkan kuota untuk 35 orang ternyata yang hadir hampir 50 orang, jadi ini lah yang kita lihat animo masyarakat sangat antusias terhadap ilmu jurnalistik ini," paparnya.

Turut hadir dalam acara tersebut,  bidang komunikasi PT.PLN UIPSU, Effiaty Polapa dan Vera Sinaga, mengatakan acara ini bisa terlaksana atas kerjasama bersama yayasan Medan Pers. Untuk kegiatan pelatihan Ilmu jurnalistik dan Fotografi yang menurutnya sangat sangat bermanfaat dan dibutuhkan untuk generasi muda terutama kalangan menengah ke bawah.

"Tujuannya untuk mendongkrak dan menaikan taraf hidup  ekonomi dengan skill yang ada bisa membantu dari sisi ilmu jurnaliatik yang saat ini sangat diminati. Dan juga ilmu jurnalistik ini ilmunya luar biasa bermanfaat terhadap publik, ilmu jurnalistik ini diharapkan para peserta yang hadir dalam pelatihan jurnalis bisa mengikutinya dengan baik," katanya.

Untuk program  PLN PEDULI ini manfaatnya sangat luar biasa yang bisa dirasakan oleh masyarakat miskin perkotaan sekitarnya. Telah kita ketahui tingkat kriminalitas anak-anak remaja sangat tinggi dikarenakan kurangnya ilmu pelatihan (skill) dalam kehidupan mereka sehari-hari.

"Kegiatan pelatihan jurnalis ini di gagas karena agar supaya generasi muda sebagai calon yang mempunyai bakat jurnalis dapat memahami ilmu Jurnalistik dan fotografi  yang betul betul profesional dan beretika," pungkas Kurniawan .(pp-04)

Komentar Anda

Berita Terkini