-->

Tersangka RM Paha Sebelah Kanan Bocor Kena Tembakan

HARIAN9 author photo
LABUHANBATU | H9
Konferensi Press yang di gelar Polres Labuhanbatu di Mapolres Labuhanbatu, Senin (28/9/2020) Kapolres Labuhanbatu AKBP. Deni Kurniawan SIK. MH memaparkan tewasnya Rahman Marpaung (RM) penembak Bripka Rajinsyah Siregar Anggota Reskrim Polsek Kualuh Hulu di Desa Perkebunan Membang Muda, Rabu (29/9/2020).


Kapolres Labuhanbatu mengatakan, Rabu (23/9/2020) Polsek Kualuh Hulu menerima informasi bahwa di Jalinsum Desa Membang Muda ada pemalakan terhadap supir-supir truck di jalan itu,dengan adanya informasi ini langsung Polsek Kualuh Hulu menurunkan Petugas yakni Aiptu M.Fujiansyah Harahap bersama Aipda Thomas Sinaga dan Bripka Rajinsyah Siregar.

Dilokasi petugas melihat  tersangka RM dan AWI  yang sudah dikenal merupakan DPO Curas yang terjadi Januari 2019, dengan tidak membuang waktu langsung menangkap tersangka, namun saat penangkapan kedua tersangka melawan petugas bahkan tersangka RM  berhasil merampas senjata pistol Thomas Sinaga,sehingga terjadi pergulatan antara Thomas Sinaga dengan RM

Dalam pergulatan ini RM menguasai senjata itu,pada saat bersamaan Bripka Rajinsyah Siregar yang ingin menolong langsung ditembak RM yang mengenai perut disekitar ulu hati dan RM langsung kabur dengan membawa senjata pistol Thomas Sinaga, sedangkan Bripka Rajinsyah Siregar terus dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

Selanjutnya Kapolres menjelaskan untuk mengejar RM dibentuk Tim Gabungan Reskrim Polres Labuhanbatu dan Unit Reskrim Polsek Kualuh Hulu, Jumat (25/9/2020) dari ke profesionalan Tim ini berhasil melacak persembunyian dari RM yang diketahui diseputaran Kecamatan Pangaribuan Wilayah Hukum Polres Tapanuli Utara.

Tim langsung melakukan koordinasi dengan Polsek Pangaribuan dan Polsek Siborong-borong, dengan cepat tersangka RM dapat diamankan petugas Polsek Siborong-borong, Jumat(25/9/2020) sekira pukul 23.30 wib Tim gabungan ini menjemput RM dari Polres Tapanuli Utara

Setelah sampai di Polsek Kualuh Hulu dilakukan interogasi tentang dimana si Awik temannya dan senjata pistol yang dilarikannya,dari pengakuan RM bahwa si Awik di seputaran Padang Mahondang ujung Kabupaten Asahan tempat ia pernah menjadi supir,, sedangkan senjata pistol ditanamkan di belakang rumah kakaknya dan hari itu juga senjata pistol itu sudah diambil, sebut Kapolres AKBP.Deni.

Lebih lanjut untuk mencari tersangka AWI, Sabtu (26/9/2020) Tim gabungan berangkat menuju lokasi yang diinformasikan RM dan sampai dilokasi sekitar pukul 04.25 wib selanjutnya membagi tiga tim untuk penangkapan disaat persembunyian RM memukul kepala Bripka
Sumiadi Joko dengan benda keras terjadilah pergumulan, melihat kejadian ini Bripka E.Sitohang mencoba melepaskan cengkeraman RM dibaju Sumiadi Joko, namun RM mencoba merebut senjata dari E.Sitohang yang disimpan di pinggang sebelah kanan dan E.Sitohang berusaha memukulkan tangan RM dari pinggangnya sehingga terlepas.

RM kembali menarik baju Bripka  Sumiadi Joko, melihat keadaan ini Bripka E.Sitohang menembakkan senjata dua kali ke udara namun peringatan itu tidak diindahkan RM bahkan berbalik menyerang Bripka E.Sitohang,namun RM kembali menarik Bripka Sumadi Joko ke paret Bekoan  dan dipinggir paret bekoaan ini terjadi pergulatan dan dalam kondisi inilah Bripka E.Sitihang  menembak paha kanan RM.

Begitu tertembak RM bersama Bripka Sumadi Joko jatuh masuk kedalam parit Bekoan itu dimana RM tertimpa Bripka Sumadi Joko, dan Bripka E.Sitohang melakukan pertolongan untuk menaikkan Sumadi Joko dan RM namun situasi pinggiran paret bekoaan itu terlalu licin sehingga E.Sjtohang tidak mampu menaikkannya.

Tidak berapa lama tiba Aiptu Edi Syahputra dan dengan bantuannya E.Sitohang dan Edi Syahputra berhasil mengeluarkan RM dan Sumadi Joko dari dalam paret bekoaan itu,bersamaan pula muncul Kanit Reskrim dan tim yang lain.

Melihat Bripka Sumadi Joko dan RM dalam keadaan lemas Kanit Reskrim dan Tim langsung membawanya ke Rumah Sakit terdekat untuk pertolongan medis namun sesampainya di Rumah Sakit LINA di Aek Loba Petugas Medis mengatakan bahwa RM sudah tidak bernyawa lagi sementara Bripka Sumadi Joko mengalami luka robek bagian kepala sebelah kanan.

Dari catatan Kepolisian RM adalah DPO Kasus Curas yang terjadi pada Selasa ( 29/1/2019) juga residivis kasus pencurian dengan pemberatan pada Senin (27/7/2015) sementara mayat RM sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Jarasmen Saragih Pematang Siantar untuk di autopsi kita masih menunggu hasilnya, ucap Kapolres Labuhanbatu AKBP. Deni Kurniawan SIK.MH.
WD. 016
Komentar Anda

Berita Terkini