-->

Hadapi AKB, Ketua PWRI Palas Bagikan Masker Kepada Wartawan di Palas

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Dalam menghadapi masa tatanan baru (new normal) atau Adaptasi Kebiasaan Baru, serta pencegahan penyebaran Covid-19. Persatuan Wartawan Indonesia (PWRI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menunjukan kepedulian dengan membagikan APD (alat pelindung diri) berupa Masker bagi wartawan dari berbagai organisasi pers, media cetak, Online dan lainnya se-Kabupaten Palas.

Pembagian masker langsung oleh Ketua PWRI Palas, Muhammad Sutan Hasibuan kepada wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Palas, Selasa (08/09/2020).

Adapun, pembagian masker dilakukan dengan cara mendatangi biasa dimana wartawan berkumpul. Hal itu dilakukan guna menghindari kerumunan, jaga jarak sesuai instruksi atau protokoler kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Muhammad Sutan Hasibuan mengatakan, pembagian masker tersebut merupakan wujud kepedulian dari pribadi maupun selaku Ketua Organisasi PWRI Palas. Situasi sulit, akibat dampak Covid-19 ini butuh kepedulian terhadap sesama.

Disebutkan bahwa, sejak tanggal 5 April 2020 lalu, Pemerintah telah menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar wajib menggunakan masker dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid. Dan pemerintah daerah Kabupaten Palas telah menerbitkan Perbup Nomor : 31 Tahun 2020 tentang penerapan dispilin dan penegakan hukum Protokoler Kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid 19.

Dikatakan, sebagai garda terdepan dalam memberitakan Covid-19, selama ini wartawan harus dilengkapi alat pelindung diri (APD) seperti masker sehingga bisa mengurangi resiko penularan Covid-19 di Kabupaten Palas.

“Terkait dengan situasi saat ini Covid-19, sebagai pekerja jurnalis tidak ada libur, dan tetap kerja peliputan. Kita wajib pakai masker dan tetap jaga jarak dan hindari kerumunan demi menjaga diri kita dan warga lain,” ujar Sutan. yang juga Kabiro media online ini.

Lanjut dia, bantuan yang diberikan ini janganlah kita lihat besar dan kecil atau banyak dan sedikitnya bantuan. Namun yang perlu dimaknai yakni, adalah bantuan ini sesuatu yang sangat dibutuhkan saat ini dan dapat bermanfaat bagi kesehatan wartawan.

“Membagikan masker kepada rekan rekan wartawan yang meliput diwilayah Palas secara langsung adalah bahagian dari aksi sosial tanggungjawab moril dan peran sesama media memberikan pencerahan kepada Wartawan, yang muaranya kepedulian bersama secara gotong royong untuk terwujudnya tatanan normal kehidupan baru. Kita juga berharap semua masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga diri dari bahaya Covid-19," terang Sutan Hasibuan.

Sementara itu, menurut Monang Siregar salah satu media cetak dan Online bersama rekan media Abdussalam Siregar, Mahyuddin, Andi Harahap dan rekan media lainnya mengapresiasi langkah Ketua PWRI Palas dengan membagikan masker ke wartawan dalam pencegahan persebaran Covid-19.

“Terimakasih kepada Pak Ketua PWRI Palas. Ini salah satu langkah yang sangat tepat mencegah penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Palas meskipun, daerah kita bukan zona merah, sebab virus ini tidak terlihat, namun sangat mematikan,” ucap dia.

"Kita akan ajak warga untuk memakai masker ini gunanya buat warga kita juga, Jika warga juga ikut pakai masker, dia (warga-red) akan terbiasa dengan pola hidup sehat, yang muaranya terwujud tatanan masyarakat dengan pola hidup bersih dan sehat," ungkap Monang.

Selain itu, Mahyuddin menambahkan, Kita apresiasi langkah langkah dan peran aktif teman-teman media ini yang langsung turut andil memakai masker. Ini bahagian dari tanggungjawab sosial dan rasa solidaritas sesama teman teman media," ujar Mahyuddin.

Kiranya, kegiatan serupa semakin banyak dilakukan oleh semua kalangan, sehingga upaya penerapan new normal di Kabupaten Palas berjalan dengan maksimal dengan melibatkan seluruh komponen. Tuturnya.

Sementara, Pak Harahap, mensupport kegiatan para jurnalis ini dengan semangat Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Indonesia Maju, Bangga dan cinta pakai masker Buatan Indonesia.

"Kita berharap teman teman jurnalis semangat terus, sehingga kegiatan mengajak partisipasi semua pihak untuk penerapan new normal ini sukses di Palas", ujar Pak Harahap dan diamini oleh rekan wartawan lainnya. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini