-->

Air Pelawi Brandan di Duga Tercemar Limbah Sawit

HARIAN9 author photo


LANGKAT| H9
Aliran air sepanjang Sei Lepan di duga tercemar limbah perusahaan pabrik Kelapa sawit (PKS) untuk pengolahan  Crud Palm Oil( CPO) . Sudah sering aliran Air Pelawi dari Hulu terutama hari Minggu apalagi paa musim hujan air jernih bercampur kehijauan. 

Ismail(40) warga Pelawi Selatan yang berjarak 500 Meter dari Sei Pelawi Kecamatan Babalan mengatakan tiap Hari Minggu atau hari Senin air Pelawi bercampur warna kehijau hijauan apalagi bila malam hari Hujan ke esokannya aliran air sepanjang sei Pelawi bercampur warna hijau bahkan pernah semuanya berwarna kehijauan. 

Ismail juga tidak membantah ketika di tanyakan soal limbah berasal dari perusahaan sawit." Iya benar bang " katanya kepada Kru H9.Sambil mengingat salah satu perusahaan PKS ,Ismail menduga  ada PKS  yang berada di Besitang yang berbatasan dengan Kecamatan Sei Lepan tanpa menyebut nama perusahaan tersebut. 

"Persoalannya limbah  PKS tersebut mengalir ke anak  Sungai Sei Lepan .menuju  Sei Pelawi," beber  Ismail. 

Ditempat terpisah tokoh Masyarakat Babalan , Andi   kepada Kru H9 mengatakan seharusnya ada tim  survey  dari Dinas Badan Lingkungan Hidup ( DBHL) Kabupaten Langkat untuk mencari data langsung ke beberapa perusahaan PKS di beberapa lokasi untuk memastikan darimana asal limbah jangan hanya duduk menunggu laporan warga soalnya usah sering air Pelawi berubah warna terbukti hari ini Minggu(11/10/20) air Pelawi berubah warna kehijauan. Papar Andi( WD.042)

Komentar Anda

Berita Terkini