-->

ASN Pemkab Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba Di Polres Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Menekan angka penyalahgunaan narkotika, dilingkungan Apatatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) menggandeng Kepolisian Resor (Polres) Palas dalam sosialisasi Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di aula Mapolres Palas sekaligus dilanjutkan dengan test urine di Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Palas, Rabu (21/10/2020).

Menariknya dalam sosialisasi itu,  ada Kegiatan tes urine yang dilakukan secara langsung dan mendadak terhadap para peserta dari ASN ini, sebagai bentuk bagian dari pembinaan untuk mendeteksi penyalahgunaan Narkoba di kalangan ASN Pemkab Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan pemerintah Kabupaten Palas memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya melawan Narkoba.

Pemerintah terus mengupayakan P4GN dalam upaya mewujudkan masyarakat yang sejahtera. “Sumber daya alam yang melimpah, tidak akan memberi manfaat jika sumber daya manusianya tidak terbebas dari Narkoba,”tegas Bupati Ali Sutan.

Bupati juga, mengajak seluruh ASN dan pegawai honorer di lingkungan pemerintah Kabupaten Palas untuk bekerja keras dalam melawan bahaya Narkoba sampai tuntas.

Selain itu, Bupati meminta masalah Narkoba, merupakan masalah kompleks yang harus menjadi perhatian serius bersama dari semua pihak yang harus dilawan. Karena dampak Narkoba tidak hanya menyasar pada aspek kesehatan, namun juga keamanan, kenyamanan, aspek ekonomi hingga dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tutur Bupati

“Dimana, Sosialisasi P4GN ini bertujuan untuk melindungi ASN, masyarakat dan generasi penerus bangsa dari penyalahgunaan Narkotika yang semakin waktu meningkat. Sehingga membahayakan perkembangan SDM dan mengancam kehidupan bangsa dan NKRI, “ujar Ali Sutan.

Bupati menambahkan tes urine ini  dilaksanakan guna mencegah penyalagunaan Narkoba juga untuk mewujudkan terciptanya ASN yang memiliki integritas dan disiplin tinggi di lingkungan jajaran Pemkab Palas.

"Jadi memang kita laksanakan secara langsung dan mendadak. Harapannya adalah menjadi shock terapi, serta peringatan bagi pegawai di lingkungan Pemkab Padanglawas untuk tidak mencoba narkoba, “ujar Bupati. 

Menurut Ali Sutan, jika ASN terlibat dalam lingkaran pengunaan Narkoba, bagaimanapun bentuknya tentu akan mempengaruhi terhadap  kinerja dari pelaksanaan tugas di lingkungan pemerintah. 

Dari sekitar 100 an  ASN yang menjalani pemeriksaan tes urine dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Palas mulai dari pimpinan sampai staf ikut menjalani tes urine di Polres Palas tersebut.

Dilanjutkan Bupati yang akrab dengan panggilan Tongku Sutan Oloan (TSO) ini mengatakan, apapun yang menjadi hasil dari tes urine tersebut akan dikembalikan sesuai peraturan ASN. “Intinya kita tidak tebang pilih.

Apabila terindikasi dan terbukti melalui urine akan diberi tindak tegas sesuai ketentuan peraturan yang berlaku, “terang Bupati sembari menyatakan
tentu melalui mekanisme dan tahapan-tahapan yang ada sesuai ketentuan. Sebut Bupati Palas.

Sementara itu Kapolres Padang Lawas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK. melalui Kasat Narkoba, AKP Agus Manimbul Butar- butar SH menyatakan kalau kegiatan tes urine tersebut merupakan bentuk dukungan dalam upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Pemkab Palas.

“Pihaknya mengapresiasi support dari Pemkab Palas dalam upaya pencegahan Narkoba melalui tes urine bagi jajaran ASN,” ujarnya. 

Untuk hasil dari tes urine yang dilakukan akan dilaporkan ke Bupati Padang Lawas, kemudian dikirim ke Inspektorat. Pungkas Kasat Narkoba Polres Palas, AKP Agus Manimbul Butar- butar SH  (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini