-->

Buka Diklat Kemimpinan Kades, Wabup Palas : Harus Berperan Aktif di Masyarakat

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Guna memberikan wawasan dan pengetahuan dalam menjalankan roda pemerintahan desa, khususnya bagi 99 Kades (Kepala Desa) yang beberapa waktu lalu dilantik, Wakil Bupati Padanglawas (Palas), drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi secara resmi membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepemimpinan kepala desa terpilih periode 2019 – 2025, Kamis (08/10/2020) di Aula Masjid Agung Al Munawwarah, Kecamatan Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan Diklat kepemimpinan diikuti 99 kepala desa (Kades) terpilih berlangsung mulai 8-16 Oktober 2020, dengan menghadirkan narasumber dari Kemendagri Regional Sumatera dan pembekalan mental, serta disiplin dibimbing personel dari TNI Kodim 0212/TS.

Pendidikan dan pelatihan ini mengawali masa tugasnya sebagai Kades di masing – masing desa untuk memahami tugas dan fungsi dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Tampak hadir di kegiatan Diklat, Sekda Palas, Arpan Nasution SSos, Asiten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, pengurus Apdes Bercahaya serta Kades peserta Diklat.

Wabup Padanglawas (Palas), drg Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam arahannya menyampaikan dalam  rangka menyelenggarakan pemerintahan desa, sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumahtangga sendiri, maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa.

Di samping kewenangan tambah Wabup, berdasarkan peraturan dan perundang- undangan yang berlaku, sesungguhnya Kades mengemban tanggungjawab yang besar dalam memimpin desa. Dikatakan, Kades harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks, serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya.

Untuk itu lanjut Zarnawi, Kades hendaknya senantiasa menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan serta sosial kemasyarakatan, memberikan pelayanan yang optimal dan keterbukaan imformasi  dalam proses penyelenggaraan pemerintahan yang mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat.

Zarnawi berharap kepada Kades peserta Diklat kepemimpinan agar mengikuti Diklat ini dengan baik dan bersungguh – sungguh. Sehingga setelah selesai Diklat ini, akan mempunyai wawasan dan pandangan luas dalam berinovasi mengembangkan potensi desa. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini