-->

Bupati Palas Salurkan Program Banpres BPUM

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Bantuan-bantuan terdampak COVID-19 di Padang Lawas terus disalurkan, setelah menuntaskan bantuan kepada warga pra sejahtera hingga ke pelosok desa, tidak berhenti disitu saja, Bahkan dariUpaya akselerasi pemulihan perekonomian melalui stimulus Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) terus dilakukan Pemerintah. Salah satu program terbaru adalah Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro (BPUM) yang digulirkan bagi pelaku usaha mikro.

Dengan adanya program baru tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Palas meluncurkan program (Bantuan Presiden) Banpres  Produktif Untuk  Usaha Mikro (BPUM) kepada penerima pelaku UMKM, di Pendopo rumah dinas Bupati Jalan KI Hajar Dewantara, Kecamatan Sibuhuan, Kabupaten Padanglawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Rabu (07/10/2020).

Acara penyerahan program bantuan Banpres secara simbolis kepada 1.843 pelaku UMKM ini diserahkan langsung Bupati Padang Lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) dan Wakil Bupati, drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt, MM, MSi kepada 11 orang penerima bantuan program Banpres Produktif UMKM.

Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kabupaten Palas, Paruhuman Harahap dalam laporannya mengatakan pengusaha mikro yang sudah lulus menerima Banpres Produktif UMKM sebanyak 1843 orang dari berbagai usaha kecil dan menengah.

Secara simbolis penerima Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM) tahun 2020 ini diserahkan kepada 11 orang dari perwakilan masyarakat Lubuk Barumun, Barumun, Barumun Baru, Sosopan, Ulu Barumun serta Barumun Selatan,” ujar Paruhuman.

Diharapkan dengan adanya bantuan Banpres Produktif kepada para pelaku usaha mikro, dapat meningkatkan perekonomian daerah, serta kesejahteraan bagi masyarakat untuk membangkitkan pengembangan usaha.

Bupati Ali Sutan dalam sambutannya mengatakan penerima bantuan pelaku usaha mikro untuk pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 untuk Kabupaten Palas sebanyak 1843 orang. “Bantuan Banpres Produktif ini merupakan bantuan  hibah yang tidak di kembalikan oleh penerimanya sebagai bentuk perhatian pemerintah, “ujar TSO dihadapan penerima bantuan.

Bagi setiap pelaku usaha mikro menerima  bantuan sebesar Rp 2,4 juta per pelaku usaha mikro atau setara dengan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan. Bantuan produktif usaha mikro ini secara telah diluncurkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada 24 Agustus 2020 lalu. Kata  Ali Sutan

Bupati melanjutkan, bantuan ini ditargetkan untuk 12 juta pelaku usaha mikro yang ada di Indonesia dengan catatan, pelaku usaha mikro tidak sedang menerima kredit perbankan. “Bantuan ini jadi modal usaha kerja bagi para pelaku usaha mikro bersifat hibah sebagai bentuk membantu masyarakat,” terang Bupati.

Ali Sutan mengatakan bantuan usaha mikro khususnya bagi masyarakat Kabupaten Padang Lawas dengan tujuan untuk pemulihan perekonomian nasional, akibat pandemi Covid-19 dan atau menghadapi ancaman yang membahayakan perekonomian nasional, serta stabilitas sistem keuangan serta penyelamatan perekonomian nasional.

Dengan adanya anggaran tersebut,  dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pelaku UMKM  dalam upaya meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia. Harapnya.

Sehingga masyarakat koperasi dan UKM kabupaten Padanglawas bisa menjadi lebih handal dan berkompeten guna membangun perekonomian menuju kehidupan masyarakat kabupaten Padanglawas yang makin sejahtera dan berdikari. Pungkas Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini