-->

Demi Ajukan Permohonan Bantuan Usaha, Pelaku UKM Serbu Diskoperindag UMKM Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Sejak dibukanya pendaftaran pengajuan bantuan usaha produktif tahap ketiga untuk daerah Kabupaten Padang Lawas. Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai mengajukan permohonan pada program Bantuan Usaha Produktif ke Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) setempat, Jumat, (16/10/2020).

Permohonan bantuan usaha produktif ini merupakan program dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) RI.

Program ini guna membantu pelaku usaha kecil yang terdampak Covid-19.

Informasi yang dirangkum Wartawan, adapun pengajuan permohonan dibuka sejak senin, (12/10/2020) setiap hari kerja sampai jam dinas kantor  16.00.wib. selesai.

Masing-masing UKM nantinya akan menerima bantuan usaha produktif sebesar Rp 2,4 juta.

Permohonan pengajuan bagi bantuan usaha produktif ini dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 16.00 dari hari senin kemarin.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Palas, Paruhuman Harahap mengatakan jika pihaknya sudah membuka untuk tahap ketiga pengajuan permohonan bantuan usaha produktif.

"Kami kembali membuka pengajuan pendaftaran ini, secara resmi pendaftaran bantuan usaha produktif dari kementerian ini. Hal itu karena kami baru mendapatkan perintah buka kembali dari pusat, jika pusat katakan stop dulu sementara, ya kita pun stop pendaftarannya," katanya kepada awak media di kantornya, Jumat (16/10/2020).

Dalam hal pengajuan permohonan tersebut, kita menunggu perintah dari pusat sesuai dengan SOP, jadi setiap hari kita kirimkan data berapa yang sudah terkumpul dari pagi hingga sore, dan minimal selambat lambatnya kita kirimkan data dalam dua hari paling lama, karena mungkin ada kendala tidak terduga. Katanya.

Kita lihat sendiri antusias masyarakat yang datang untuk mengajukan pendaftaran untuk mendapatkan bantuan usaha produktif, sangat banyak. Nah kita harus siap untuk menerima dan melayani masyarakat tersebut yang datang, memberikan pengarahan agar bisa dimengerti dan paham terkait bantuan ini, data verifikasinya bukan kita yang menentukan, melainkan data yang sudah kita kirimkan masih diverifikasi provinsi, setelah itu baru pusat. Ungkapnya.

Disampaikan Paruhuman, pada program bantuan sosial produktif ini, pihaknya hanya bertugas sebagai penyeleksi administrasi berkas pengajuan bantuan usaha produktif.

Sebab, untuk penentuan siapa yang berhak mendapat bantuan tersebut langsung dari Kemenkop dan UKM sendiri yang akan menentukan.

"Kami hanya menerima berkas saja, jika berkas kurang lengkap, kami minta lengkapi, dan berkas yang sudah terkumpul, kami akan serahkan ke pusat, bagian yang menyeleksi dari pusat sendiri," urai Paruhuman.

Lebih jauh dikatakan Paruhuman, untuk syarat-syarat yang perlu disiapkan oleh pemohon tidak terlalu banyak.

"Persyaratan berkisar pada dokumen pribadi," ucapnya. Seraya menambahkan Seperti, fotokopi identitas penduduk, mulai dari fotokopi KTP dan KK.

Selain itu, pemohon juga menyertakan keterangan usaha jenisnya apa, beserta Fhoto tempat usahanya tersebut.

Setelah persyaratan sudah terkumpul, syarat-syarat tersebut lalu dikumpulkan di kantor Diskoperindag palas, baru diinfut atau data tersebut dikirimkan kepusat. Ujarnya. (WD41) 

Komentar Anda

Berita Terkini