-->

Disnaker Palas Serahkan Bantuan Sarana Usaha Mesin Jahit dan Doorsmer Kepada 40 TKM

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Padang Lawas (Palas) srcara simbolis serahkan bantuan peralatan usaha kepada 40 orang masyarakat yang berada diwilayah Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera (Utara).

Bantuan alat dan peralatan usaha ini terbagi dalam dua jenis, untuk mesin jahit sebanyak 20 orang dan doorsmer untuk 20 orang untuk penciptaan wirausaha baru melalui program Pemberdayaan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Kementerian Tenaga Kerja, Selasa (13/10/2020) diaula setempat kantor Disnaker Palas. 

Kelompok usaha yang memperoleh bantuan ini dari berbagai desa yang ada di kabupaten palas. Bantuan usaha berupa mesin jahit, peralatan doorsmeer ini secara simbolis diserahkan Kadisnaker Palas Drs. Ramal Guspati Pasaribu didampingi Sekretaris Disnaker Jon Nedi Piliang, SH, MH., Kabid Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Ali Asmi Lubis, S.Sos. bersama Anggota DPRD Palas Komisi B (F.PAN) Agus Nasution

Kadisnaker Drs.Ramal Guspati Pasaribu MSi melalui Sekretaris Jon Nedi, SH, MH. didampingi Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Ali Asmi Lubis S.Sos mengatakan, Kelompok usaha yang memperoleh Bantuan ini ada dari Kecamatan Barumun, Barumun Selatan, Ulu Barumun dan Kecamatan Sosa, BSU berupa mesin jahit dan Doorsmer.

Tujuan dari program ini adalah membantu Wirausaha Baru dalam meningkatkan produktivitas dan peningkatan usaha menengah.

Bantuan yang diterima oleh 40 TKM tersebut sesuai dengan proposal yang dilayangkan masyarakat ke kantor disnaker,” kata Jon Nedi,

Selain bantuan Mesin Jahit dan Doorsmer para peserta juga akan dibekali nantinya pelatihan tentang Penciptaan Wirausaha Baru melalui tenaga kerja mandiri tahun 2020. Yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang, disebabkan kita masih ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Dari itu, pelatihannya akan dilaksanakan pada tahun depan, jika covid-19 ini telah hilang dari bumi indonesia, mari kita semua bersama sama berdoa agar virus ini segera berakhir. ucapnya.

Dikatakannya, penerima bantuan diberikan pengetahuan keterampilan teknis berupa teori dan praktek sesuai usaha yang akan dlaksanakan. Sehingga pembekalan kewirausahaan adalah proses transfer pengetahuan, sikap, prilaku dan keterampilan teknis tentang kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan tenaga kerja mandiri.

“Dan bantuan serta pembekalan ini merupakan motivasi wirausaha sukses, teori dan praktek produksi dan tentang cara mengelola keuangan bantuan serta cara memasarkan hasil produksi perlu diketahui peserta penerima bantuan wirausahaan,”Tutur Jhon Nedi. 

Ia menambahkan, pembekalan ini nantinya juga sebagai motivasi wirausaha sukses, teori dan praktek produksi dan tentang cara mengelola keuangan bantuan serta cara memasarkan hasil produksi perlu diketahui peserta penerima bantuan wirausahaan. tandasnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini