-->

Jalan Rohul Rusak Akibat Truk, Komisi IV DPRD Rohul kunker ke Disperkimhub Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Ketua bersama Anggota Komisi IV dari DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Perkimhub) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kunjungan tersebut untuk mempererat hubungan kekeluargaan antara Kabupaten Rohul dan Kabupaten Palas dan melihat sarana dan prasarana keadaan jalan Lalu Lintas umum yang ada di kedua Kabupaten.

DPRD Kabupaten Rokan Hulu membawa Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV, Nono Patria Pratama, Wakil Ketua Komisi IV, dan anggota Sahril, Topan, Arisman, Ermiyanti, Budi Suroso, serta seluruh jajarannya. Langsung disambut di Aula Kantor Disperkimhub, Kamis 08/10/2020, yang lalu demikian disampaikan Kadis Perkimhub Palas Ir. Abdullah Nasution didampingi, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLAJ), Sarmadan Siregar, Kepala Seksi (Kasi) Sarana Prasarana (Sarpras) Supriyo, S. Tr. kepada wartawan, Jumat. (09/10/2020).

Kunker dari DPRD komisi IV Rohul ini ke Disperkimhub Palas dalam rangka bertukar informasi terkait menaikan status jalan provinsi menjadi jalan Nasional untuk ruas jalan yang dimulai
Simpang Rantau Berangin-Gunung Tua, sekaligus menindaklanjuti penyebab kerusakan jalan akibat over
loading oleh kendaraan CPO. Ujar Abdullah.

"Pembicaraan dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Rohul tersebut, dalam rangka
membahas terkait penertiban kelebihan tonase muatan berbagai mobil anggkutan perusahaan dari kapasitas jalan sehingga mengakibatkan kerusakan jalan, baik lintas provinsi maupun Kabupaten". kata Kadis Perkimhub Palas.

Plt Kadis Perkimhub Palas, Ir. Abdullah mengucapkan terimakasih atas kunjungan kerja dari Komisi IV DPRD Rohul dan merasa berbahagia, karena ini merupakan kunjungan Pertama dari anggota DPRD Rohul, dan diharapkan dengan pertemuan ini, ada tindak lanjut dengan melalkukan kerjasama seperti
Razia Terpadu antara Kabupaten Palas dan rokan Hulu.

Dengan demikian, Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor: SE.2/AJ.307/DRJD/2018 Tentang Ketentuan Mengenai Bak Muatan Mobil Barang. Pungkasnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (Kabid LLAJ), Sarmadan Siregar mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah tersebut , kita berkordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara dan Bupati Padang Lawas untuk mengatasi Over Tonase angkutan yang mengakibatkan kerusakan jalan lintas., katanya

Sementara Kasi Sarana dan Prasrana Supriyo menjelaskan, Terkait kententuan Bak Kendaraan Angkutan Barang, bahwa Konfigurasi truk 4 ban dengan JBI sampai dengan 4,5 ton memiliki tinggi bak maksimal 550 mm.

Untuk truk yang 6 ban, 2 ban depan dan 4 ban belakang, JBI 7,5-13 ton, tinggi bak maksimalnya 700-850 mm. Dan untuk yang 10 ban, 2 di depan dan 8 di belakang dengan JBI sampai 21 ton memiliki tinggi bak maksimal 1.000 mm,” Jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPRD Rokan Hulu Nono Patria Pratama mengungkapkan bahwa Kerusakan jalan Rohul 60 parsen disebabkan oleh berbagai mobil pengangkutan kelebihan muatan, seperti muatan CPO dan lainnya, Selain over tonase, banyan perusahaan bus beroperasi di Rokan Hulu, Plat nomor kendaraannya ada dari Sumatera Utara, Jakarta dan Daerah lain.

Tentu saja kami dari Komisi IV DPRD Rokan Hulu terus mendorong Pemerintah, Pemkab Palas untuk dapat melakukan penertiban sesuai peraturan yang ada dengan cara bekerja sama, dibeberkan oleh Anggota DPRD dari Partai Golkar tersebut.

"Dalam pertemuan itu juga, Ini mayoritas diakibatkan pengangkutan CPO dan mobil-mobil berat. Ini harapan ke depan, perusahaan dapat mengikuti peraturan yang ada, karena jalan baik di Padang Lawas maupun di Rokan Hulu
kapasitasnya kelas tiga (Klas III), hanya berkapasitas 8 ton, sementara kapasitas mobil antara 20 ton sampai 40 ton," sebut ketua DPRD Rohul Nono.

"Penyebab Utama kerusakan jalan Rohul karena kualitasnya hanya delapan ton, sementara mobil CPO yang melintas di atas 21 ton, bahkan ada yang mencapai 40 ton, sehingga tidak sebanding dengan kekuatan aspal kita," diucapkan Nono Patria Pratama, selaku Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Rokan Hulu.

Diakhir Kunker dari rombongan, DPRD Kabupaten Rokan Hulu diberikan cendramata sebagai hubungan kekeluargaan antara Kabupaten Palas  dan Kabupaten Rokan Hulu supaya bisa bersinergi dalam melakukan tugas dan fungsinya masing masing. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini