-->

Kadisdikbud Palas Buka Pelatihan Markobar Adat

harian9 author photo


PALAS| H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud),  buka kegiatan Pelatihan Markobar Adat yang diselenggarakan Badan Pemangku Adat (BPA) Kabupaten Palas, bertempat di Kantor Sekretariat BPA, jalan Ki Hajar Dewantara no. 3 Sibuhuan, Senin (26/10/2020).

Parlagutan Lubis, selaku pemberi Materi dalam paparannya mengugkapkan, bahwa pelatihan Makkobar adat yang dilaksanakan ini, untuk tahap khusus pelatihan penyampaian ” kata kata widak” yang di ikuti perwakilan Naposo Nauli Bulung utusan Kecamatan se Palas, sekitar 50 orang, untuk tahun anggaran 2020.

“Sehingga kedepannya para Naposo Nauli Bulung (Pemuda-Pemudi), dapat berperan memberikan kata kata widak (perpisahan), apabila ada kemalangan di lingkungan kita masing masing,” jelas Parlagutan Lubis.

Sementara itu, Ketua BPA Palas Sutan Parlindungan Hasibuan, mengatakan, kegiatan pelatohan markobar adat ini,  dengan berpatokan pada Dalihan Natolu (Kahanggi, anak boru dohot mora) melalui tema “Melesatarikan Budaya sesuai visi misi Kabupaten Palas Berbudaya”.

Selain itu, Sutan berharap, dengan adanya pelatihan Markobar adat ini, sebagai bentuk mengasah wawasan tentang pemahaman adat istiadat daerah, dan Momen ini dapat menjadi motivasi bagi peserta untuk terus berlatih dengan baik.

Sehingga kualitas markobar adat ini, semakin eksis dalam rangka melestarikan kebudayaan adat istiadat daerah Kabupaten Palas,” harapnya.

“Badan Pemangku Adat (BPA) mengajak elemen masyrakat dan generasi muda untuk terus melestarikan budaya adat yang menjadi tradisi secara turun temurun dari sejak dulu kala,“kata Sutan Parlindungan.

Masih ditempat yang sama, Kadisdikbud Palas Hj. Rosidawati Suryani S.Pd., setelah usai membuka secara resmi pelatihan Markobar Adat, kepada Wartawan mengatakan, pelatihan markobar adat ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan kebudayaan adat istiadat daerah, kepada peserta yang mengikuti pelatihan markobar adat.

“Hal ini agar dapat tertanamkan sekaligus mewarisi ke generasi muda di daerah ini, dalam melestarikan budaya bangsa dengan mengedepankan nilai kearifan lokal dalam mewujudkan pemahaman bagi masyarakat,” ungkapnya,

Kadisdikbud Palas Hj. Rosidawati Suryani S.Pd. menambahkan, kalau pelatihan Markobar Adat ini merupakan kegiatan positif yang memberikan manfaat bagi kelestarian budaya untuk terus dikembangkan di tengah masyarakat untuk terus dilestarikan. Pungkasnya.

Hadir dalam pelatihan Markobar Adat ini, selain, Kadisdikbud Palas Hj. Rosidawati Suryani, bersama Kabid Kebudayaan Nurazizah Nasution S.Pd,  Ketua BPA Kabupaten Palas Sutan Parlindungan Hasibuan, turut juga dihadiri H. Bgd Mangaloksa Hasibuan Luat Hasahatan, Parlagutan Lubis pemberi Materi, dan Oppu Riswan Hasibuan Luat Paringgonan serta Raja Sahnan Hasibuan dengan sejumlah pengurus pemangku adat dan peserta lainnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini