-->

Kecelakaan Kerja Korban Belum Terima Kompensasi

harian9 author photo


LANGKAT| H9
Oknum Z (25) warga Dusun 3 Pasir Putih korban kecelakaan kerja belum menerima kompensasi dari perusahaan pengolahan minyak sawit yang berlokasi di Dusun III Pasir Putih Desa Lubuk Kasih Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat. 

Menurut Keterangan orang tua oknum Z kata Salah seorang Oknum yang namanya tidak untuk di publikasikan  warga Brandan Barat kepada H9,Kamis(23/10/20) .Menurut warga yang dekat dengan keluarga korban Zul.  kemarin " Saya langsung tanyakan kepada orang tuanya" belum ada di perhatian pihak perusahaan, juga untuk melihat anaknya korban kecelakaan kerja.

Perusahaan belum ada yang datang untuk sekedar meninjau Z yang lagi sakit karena kaki sebelah kanannya menjadi seperti luka melepuh akibat terendam dalam rebusan minyak sawit,kata warga 

Sementara  salah seorang pemerhati ketenaga kerjaan Teluk Aru Syafril (55) warga Brandan ketika dikonfirmasi Kru H9 mengatakan Bagi pekerja yang mengalami kecelakaan kerja di perusahaan harus mendapat perawatan secara Medis. Selain perawatan medis korban juga mendapat biaya kompensasi ganti rugi kecelakaan sesuai UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenaga Kerja dan Undang Undang no 40 Tahun 2009 tentang Sistim Jaminan Sosial Nasional( SJSN,) Kata Syafril.

Lebih lanjut Syafril menjelaskan setiap pekerja harian maupun bulanan yang menerima upah sama haknya dengan pekerja lainnya, maka apabila pekerja sudah masuk BPJS ketenaga kerjaan maka pekerja berhak menerima kompensasi kecelakan kerja papar Syafril

Di tempat terpisah oknum Zul korban kecelakaan kerja. Mengaku baru satu bulan bekerja di perusahaan tersebut dengan upah Rp.90.000 perhari.

Zul juga membeberkan sudah seminggu mengalami kecelakaan kerja dan baru masa training di perusahaan. Z mengaku perusahaan mau mengobati sampai sembuh namun Z juga mengaku bahwa BPJS baru di buatkan karena baru satu bulan bekerja tepatnya September 2020 awal Dia bekerja.( WD.042)
Komentar Anda

Berita Terkini