-->

KPU Lakukan Uji Coba SIREKAP Pilkada Tapsel 2020

harian9 author photo


TAPSEL| H9
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melaksanakan uji coba Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) untuk Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Lanjutan tahun 2020 di Sekretariat KPU Tapsel Jalan Sipirok - Padangsidimpuan KM 9 Desa Situmba Kecamatan Sipirok, Sabtu (24/10/2020).

Uji coba SIREKAP dipimpin Ketua KPU Tapsel Panataran Simanjuntak, M.Hum, didampingi Komisioner KPU Tapsel lainnya masing-masing, Efendi Rambe, Kemri Syafei Nasution, Syawaluddin Lubis, S.Sos dan Zulhajji Siregar serta sejumlah staf KPU Tapsel yang membidangi Informasi dan Tekhnologi (IT) dan sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Ketua KPU Tapsel Panataran Simnjuntak, M.Hum mengatakan, simulasi atau uji coba SIREKAP tersebut merupakan bagian dari Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mempratikan cara penggunaan SIREKAP yang digunakan sebagai rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada serentak 2020.

" Uji coba ini merupakan bagian dari persiapan KPU Tapsel untuk mengukur sejauh mana sistem berjalan setelah melewati berbagai tahap pengembangan dan SIREKAP ini akan dijalankan oleh para KPPS di tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada Tapsel mendatang, " ujar Panataran.

Ia menuturkan, TPS atau Kecamatan tertentu yang terkendala akses internet dapat dikoordinasikan dengan KPU Tapsel dan aspek-aspek semacam ini sedang diperhatikan, termasuk penentuan koordinasi TPS untuk memastikan kondisi akses internet.

" Dari desain sistem SIREKAP ini memungkinkan untuk diaplikasikan di daerah yang ada akses internetnya maupun di TPS yang tidak ada. Tapi nanti ada mekanisme kemudian uploadnya dan SIREKAP ini diharapkan dapat membantu petugas meminimalisasi interaksi fisik antar orang saat Pilkada digelar dalam kondisi pandemi Covid-19, " ungkapnya.

Sementara Komisioner KPU Tapsel Divisi Tekhnis Syawaluddin Lubis, S.Sos menuturkan, dalam rangkaian uji coba SIREKAP, baik itu terkait pengarahan teknis dan metode SIREKAP, petugas KPPS memotret formulir C Plano. Setelah memastikan gambar tepat ukuran, dilanjutkan mengirimkan file tersebut kepada saksi dan pengawas TPS dalam bentuk QR Code.

Disebutkannya, uji coba dimulai dari memasang aplikasi SIREKAP di telepon pintar masing-masing, kemudian, petugas mengisi formulir model C.KWK, memotret dan mengunggahnya ke aplikasi SIREKAP. Setelah diunggah, petugas akan melakukan pengecekan data antara tulisan di kertas C.KWK dan data yang masuk ke aplikasi SIREKAP melalui sebuah foto. 

" Jadi tentu uji coba kali ini akan sangat penting bagi kita semua dalam rangka mempersiapkan pemungutan penghitungan suara sampai dengan tahapan rekap dalam Pilkada serentak lanjutan 2020, " kata Syawal.

Disebutkannya, SIREKAP nantinya akan dijalankan oleh petugas KPPS di TPS dan petugas bertanggung jawab memotret formulir model C.KWK atau kertas yang berisi data perolehan suara Pasangan Calon (Paslon) dan mengunggahnya ke SIREKAP melalui sebuah aplikasi SIREKAP.

" Pelaksanaan uji coba juga menyoal spesifikasi handphone yang dipakai petugas KPPS. KPU akan merumuskan spesifikasi handphone yang memungkinkan petugas melaksanakan SIREKAP,,sehingga dapat memangkas tenaga dan waktu para petugas dalam merekapitulasi suara, " kata dia. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini