-->

Lakukan Patroli Malam, Sat Sabhara Amankan Tujuh Orang Sedang Pesta Miras

HARIAN9 author photo
PALAS| H9
Untuk menjaga kamtibmas di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) agar selalu kondusif, Satuan Sabhara Kepolisian Resor (Polres) Palas rutin melakukan patroli malam operasi penyakit masyarakat (Pekat), dalam menerapkan serta melaksanakan Peraturan Daerah Nomor 07 tahun 2015.

Hasilnya, tujuh orang diamankan karena kedapatan pesta minuman keras (miras) di sebuah warung yang berlokasi di Desa Gunung Manaon, Ulu Gajah Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Palas. Kamis malam (01/10/2020) yang dimulai sekira pukul 23.00.wib sampai dengan selesai.

Hal itu disampaikan Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK, melalui Kasat Sabhara, AKP Muhammad Husni Yusuf, kepada wartawan. Jumay (02/1p/2020). mengatakan, operasi berlangsung Kamis Malam (01/10/2020) mulai sekira masih Pagi 23.00 Wib., ketujuh orang yang diamankan petugas, yakni berinisial AHH, RS, YA, EL, YN, PS, dan PR. Ketujuh orang tersebut warga Palas.

Ceritanya, petugas sedang patroli malam. Setibanya di Desa Gunung Manaon, Ulu Gajah Kecamatan Barumun Tengah, menjumpai tujuh orang yang asyik meneguk miras di warung tersebut. Setelah diperiksa, mereka kedapatan mabuk.

”Mengetahui itu, kami menyita barang bukti berupa Delapan (8) Botol bir putih merek bintang., lima
(5) Botol bir hitam merek Guinness., dua (2) Drigen berisikan tuak warna biru., sepuluh (10) teko plastik., dan
(10) gelas pelastik.,” ujar Yusuf.

Selain barang bukti tersebut, ketujuh orang yang kita amankan dengan rincian, dua orang sebagai pemilik warung tersebut merupakan Pasutri (Pasangan Suami Istri) berinisial AHH dan RS., dua orang diduga sebagai Pekerja sek komersial (PSK) pelayan warung, dan tiga orang merupakan pengunjung YN, PS dan PR.

Selanjutnya, "Barang bukti dan ketujuh orang itu digelandang ke Mapolres Palas untuk dimintai keterangan lebih lanjut, untuk diberikan pembinaan agar tidak mengulangi perbuatannya dan akan akan menjalani sidang Tipiring (Tindak Pidana Ringan),” ungkapnya.

Dalam kegiatan patroli rutin ini, apabila kita jumpai dan temukan hal hal yang mencurigakan dan lainnya, Pengamanannya kami mengutamakan tindakan preventif.

Dengan begitu, orang yang berniat melakukan tindak kriminal akan mengurungkan niat pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya, karena terlihat polisi yang berpatroli,” tegasnya.

Ditambahkan yusuf menyebutkan, untuk mereka yang ikut terjaring Razia Pekat tersebut disangkakan telah melanggar Pasal 03 ayat (2) Perda 07 Tahun 2015 tentang Pengendalian, Pengawasan dan Penertiban Minuman Beralkohol, “Tutur Yusuf.

Setelah semua yang ikut terjaring Razia Pekat tersebut berada di Mapolres Palas, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Palas memberikan siraman rohani kepada semua yang terjaring razia pekat Sat Sabhara Polres Palas, baik kepada pemilik kedai tuak, pelayan dan pengunjung,
guna meningkatkan kesadaran yang melanggar norma agama dan peraturan pemerintah. pungkas, Kasat Sabhara Polres Palas, AKP. Muhammad Husni Yusuf, SH. (WD41)
Komentar Anda

Berita Terkini