-->

Operasi Yustisi Gabungan Digelar di Simpang Empat Pasar Sibuhuan

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Operasi Yustisi terus digelar sebagai langkah sosialisasi protokol kesehatan dan INPRES NO.6 TH. 2020 serta PERBUP PALAS No. 31 Th. 2020 dalam rangka sekaligus menggelar operasi yustisi penggunaan masker untuk menekan penyebaran virus Corona. Operasi yustisi ini digelar di tempat-tempat keramaian rawan penyebaran Virus Corona, seperti di perkantoran, jalan raya, hingga pasar.

Tim yustisi gabungan Kabupaten Palas melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam penegakan prokes dan perbup  dengan mengambil tempat yang berlokasi di Jalan Raya Simpang Empat Pasar Sibuhuan, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Senin, (12/10/2020).

Kegiatan berlangsung sekira Pukul. 09.00 wib dan berakhir pada pukul 12.00 wib berlangsung dalam keadaan aman dan tertib. Terlihat kesadaran masyarakat hari ini sudah mulai tinggi untuk menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah. Dengan menjalankan dan mematuhi protokol kesehatan.

Sebelum kegiatan berlangsung terlebih dahulu di awali dengan Apel personil gabungan di lokasi tempat Razia Operasi Yustisi yang dipimpin oleh Kasi Propam Polres Palas, G. Harahap.

Menurut Kapolres Palas, AKBP. Jarot Yusviq Andito, SIK melalui Kasi Propam G. Harahap Polres Palas. kegiatan sosialisasi kali ini adalah selain menekan penyebaran virus Corona, juga sosialisasi dan penertiban pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan dengan senyum.

Hal itu diungkap G. Harahap saat memimpin acara Apel pagi sebelum pelaksanaan operasi yustisi kegiatan yang dilaksanakan di Simpang Empat Pasar Sibuhuan.

“Dalam rangka operasi yustisi penggunaan masker ini kita Kampanyekan, Jaga Jarak, Hindari Kerumunan dalam suasana Aman, Damai, dan Sehat bersama Tim gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP. juga personil terkait lainnya.,” Ujarnya.

Dalam kegiatan ini, TNI-Polri bersama Satgas COVID-19 dan tim gabungan lainnya juga membagikan masker kepada pengendara.

Hal itu sebagai bagian kampanye jaga jarak untuk menghindari kerumunan dalam rangka Operasi Yustisi dan INPRES NO.6 TH. 2020 dan  PERBUP PALAS No. 31 Th. 2020, aman dan sehat sesuai dengan protokoler kesehatan.

“Kita juga berharap penggunaan masker dan penerapan protokol kesehatan ini nantinya bisa menjadi gaya hidup di tengah masyarakat,” Harap Kasi Propam Polres Palas.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Palas (Kasat Pol PP dan Damkar) Kabupaten Palas Ronny Syaiful, S.Sos, MM. mengatakan,
Kegiatan operasi Yustisi yang berlangsung di Simpang Empat Pasar Sibuhuan berupa sosilasisasi dan penertiban pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Dalam giat pelaksanaan penerapan sanksi disiplin prokes, diamankan "melanggar tidak pakai masker" sebanyak 31 orang. Pelanggar melaksanakan SANKSI SOSIAL (Pasal 7 ayat 4 PERBUP PALAS No 31 Th 2020) dengan memberikan teguran lisan dan sanksi sosial berupa menyanyikan Lagu Wajib atau mengucapkan pancasila serta mendapatkan arahan (pembinaan) untuk mematuhi prokes COVID-19. kemudian memberikan masker untuk dapat dikenakan saat itu juga. Sebut. Ronny.

Ditambahkan Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas.Khairuddin Siregar SE. Mengatakan, Tim gabungan yang terdiri dari TNI-AD Personil 08/Barumun 4 personil, Polri (11 personil Wakapolres Palas Kompol JW Sijabat, Personil Polsek Barumun 10 orang), Dishub 6 personil, dan Pol PP 13 personil (KABID OPS DAN PAM, KABID GAKDA dan KASI TRANTIB DAN PAM), serta BPBD, Dinkes Palas.

Dimana lokasi kita melaksanakan operasi yustisi di Simpang Empat Pasar Sibuhuan untuk melakukan kegiatan sosialisasi dan penertiban pengendara yang tidak mematuhi protokoler kesehatan dan tidak tertib dalam berkendara. Ujar Khairuddin.

Kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang 4 jam tersebut, Tim gabungan melakukan sosialisasi tentang tata cara penggunaan masker dan manfaat dalam mematuhi protokoler kesehatan, serta sekaligus memberi peringatan dengan menindak sebanyak 31 pelanggaran mereka yang tidak memakai masker sekaligus memberi teguran lisan, dan Sanksi sosial. Pungkasnya.

Kegiatan yustisi gabungan Kabupaten Palas tersebut juga dihadiri oleh, Wakapolres Palaa Kompol JW Sijabat,
Kasat Lantas Polres Palas, Kasi Propam Polres Palas., Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Palas, Kanit Dikyasa Polres Palas, Personil Polres Padang Lawas, Personil Polsek Barumun, Personil Koramil 08 Barumun., Personil Disperkimhub serta Personil POL PP Kabupaten Palas. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini