-->

Pemkab Palas Razia Masker di Kecamatan Barumun

harian9 author photo


PALAS| H9
Tim gabungan yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Padang Lawas (Palas) bersama, TNI/Polri serta unsur terkait lainnya, melakukan razia masker dalam mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Palas.

Pantauan awak media ini. Razia yang digelar di Simpang Empat, Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kota Sibuhuan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Jum'at (23/10/2020), menjaring sebanyak 30 pelanggar yang tidak mengenakan masker.

Razia yang dipimpin Kanit Tipiter Polres Palas bersama Kabid Ops Satpol PP., Personil Polres Padang Lawas., Personil Koramil 08 Barumun. Dan Personil Sat Pol PP., serta instansi terkait lainnya., berlangsung dari pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Dalam kesempatan tersebut, warga yang kedapatan tidak menggunakan masker didata dan diberi masker sembari juga diingatkan agar selalu menggunakan masker saat melakukan aktivitas diluar rumah. Tidak hanya sampai mengingatkan saja, warga yang kedapatan tidak menggunakan masker juga diberi hukuman dengan sanksi sosial.

Sedangkan bagi warga yang tidak memakai masker tersebut, diberi hukuman berupa push up paling sedikit 20 kali  dan menyanyikan lagu wajib, serta melafalkan pancasila.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Palas (Kasat Pol PP dan Damkar) Kabupaten Palas Ronny Syaiful, S.Sos, MM. melalui Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Kabupaten Palas.Khairuddin Siregar SE. mengatakan, razia masker ini merupakan kegiatan rutin yang digelar Tim Gabungan Pemkab Palas guna menegakkan Peraturan Bupati Padang Lawas No. 31 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian covid 19. Katanya.

“Razia ini digelar untuk menegakkan Inpres No 6/2020 dan Perbup No 31/2020. Masih banyaknya warga yang tidak mengindahkan peraturan tersebut. Oleh karena itu, Tim gabungan pemkab Palas memberikan hukuman sebagai efek jera bagi para pelanggar yaitu berupa hukuman sanksi sosial, pelanggar diberikan hukuman fisik dan melafalkan pancasila serta menyanyikan lagu Indonesia Raya,” jelasnya.

Karena masih banyaknya warga yang minim kesadaran untuk mengenakan masker, pada kesempatan tersebut, Khairuddin pun mengingatkan seluruh warga palas untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. “Masker ini sudah menjadi bagian dalam diri kita  jadi kemanapun pergi harus diingat dan dipakai, karena masker ini gunanya untuk melindungi diri dan orang lain serta mencegah penularan yang lebih meluas lagi ditengah masyarakat,” imbaunya.

Selain kita, Memberikan peringatandan  tindakan tertulis kepada masyarakat yg tidak memakai masker atau berikan hukuman sanksi sosial bagi pelanggar prokes, Agar mencegah dan menghentikan penyebaran Covid 19 dikalangan masyarakat.,  Juga diharapkan masyarakat dapat paham dan taat kepada aturan yang telah dianjurkan oleh Pemerintah., pungkas Khairuddin disela operasi yustisi tersebut. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini