-->

Pemkab Paluta Salurkan Bansos Beras Kepada 6179 KPM PKH

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Bantuan sosial (Bansos) beras untuk keluarga penerima manfaat program keluarga harapan (KPM PKH) dari Kementerian Sosial RI mulai disalurkan oleh Pemerintah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Penyaluran secara simbolis dilakukan oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi diwakili oleh kepala Dinas Sosial kabupaten Paluta Ongku Bangsawan P Harahap SSos kepada perwakilan KPM PKH dihalaman kantor kepala desa Aek Godang, kecamatan Hulu Sihapas, Senin (5/10).

Dalam sambutan Bupati Paluta yang disampaikan oleh Kadis Sosial Ongku Bangsawan P Harahap SSos mengimbau para penerima bantuan untuk memanfaatkan beras yang diterimanya dengan tepat.

Dikatakannya, bansos beras untuk KPM PKH ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemi Covid-19.

“Semoga bisa mengurangi beban dimasa pandemi ini dan mutu beras ini cukup baik,” ujarnya.
Pada kesempatan ini ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap Covid-19 yang masih melanda dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah agar kondisi dapat segera normal kembali.
Sementara, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Mukhtar Leo Harahap didampingi Koordinator PKH Kabupaten Paluta Irdan Hidayat Harahap menyebutkan ada 6179 KPM yang akan menerima bantuan tersebut. 
Bantuan berupa beras sebanyak 15 kilogram akan diberikan kepada masing-masing KPM selama tiga bulan, yakni Agustus hingga Oktober 2020. Pada September ini, dibagikan 30 kilogram beras, alokasi untuk Agustus dan September. Sedangkan jatah 15 kilogram lagi akan diberikan pada Oktober mendatang.
“Untuk Kabupaten Paluta ada 6179 KPM dari PKH yang akan menerima bantuan beras jaringan pengaman sosial dari Kemensos,” ujarnya.
Leo menambahkan, sekitar 185 ton beras yang disalurkan di kabupaten Paluta dengan titik bagi 25 tempat atau desa terdekat dan strategis yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Paluta.
Pihaknya menjadwalkan penyaluran bansos beras ini dapat selesai selama 4 hari yang sudah dimulai sejak Senin (5/10) dan dijadwalkan selesai pada Kamis (8/10) mendatang.
“Untuk daftar penerima bantuan beras ini menggunakan data KPM PKH pada triwulan ke III atau data sejak bulan Juli 2020. Semoga bermanfaat dan penyalurannya dapat berjalan lancar,” pungkasnya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini