-->

Peringati Hari Santri, H Adlin Tambunan : Santri Sergai Harus Menjadi Santri Milenial

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9

22 Oktober adalah hari santri nasional yang diperingati tiap tahun di Indonesia. Tahun ini adalah tahun kelima perayaan hari santri nasional. Meskipun dalam masa pandemi, hari santri tetap memiliki pesan tersendiri di tiap tahunnya. Seperti pada tahun ini pesan hari santri ialah “Santri Sehat, Indonesia Kuat”. 

Dalam rangka hari santri, calon wakil bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Adlin Tambunan memiliki pesan khusus bagi para santri se-Kabupaten Sergai. Dalam wawancara singkat, Adlin memiliki tekad agar menjadikan para santri yang ada di Kabupaten Sergai agar bisa menjadi santri-santri milenial yang religius. 

“Harapan kami bisa menjadikan santri itu menjadi santri milenial juga religius. Karena image masuk pesantren itu harus diubah bukan lagi yang ketinggalan zaman, tapi menjadi santri milenial yang berpikiran terbuka, wawasan luas serta mengikuti perkembangan zaman,”ujarnya tersenyum. 

Ia juga berpendapat bahwa zaman sekarang sudah banyak pesantren-pesantren modren yang menciptakan santri dengan kualitas pemikiran yang terbuka dan wawasan luas. Kata Adlin, santri milenial zaman sekarang harus memiliki kemampuan agama yang baik. Selain itu, juga memiliki kemampuan digital di sosial media yang baik yang kini sudah menjadi tolak ukurnya. 

Adlin berkomitmen untuk mengembangkan   dan memberdayakan pesantren-pesantren yang sudah ada untuk proses pembangunan Kabupaten Sergai lebih baik lagi. Harapannya bagi para santri dan pengurus pesantren yang sudah ada itu, bisa menciptakan santri yang berkualitas dan baik yang tidak kalah dengan santri dari kabupaten lain dan provinsi lain. 

Adlin berharap agar santri-santri milenial yang agamais itu tadi mampu mandiri dan menyatakan diri bahwa ini lah saya dengan kelebihan dan kekurangannya. 

Selain itu Adlin juga berkomiten untuk memperbaiki pondok pesantren yang kurang memadai agar menjadi lebih baik lagi. Selain itu untuk para santri yang berprestasi nantinya juga bisa diberikan beasiswa agar bisa belajar ke luar negeri ataupun dalam negeri. 

“Harapan kami depan, pesantren-pesantren yang ada di Serdang Bedagai bisa menjadi pesantren yang unggul dan menjadi pesantren dambaan di Sumatera Utara,”ujarnya. 

Ia juga berpesan dalam rangka hari santri tahun ini, perlu kembali membangkitkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI). Jadi di hari santri nasional ini dengan mencintai tanah air adalah bagian dari iman. 

“Kami dari Nahdlatul Ulama (NU) percaya para santri di Indonesia ini sangat kuat dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Saya  sebagai ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor meyakini bahwasanya hari santri ini memiliki makna yang sangat luar biasa dalam mempertahankan Indonesia yang lebih kuat,” tandasnya.(WD023)

Komentar Anda

Berita Terkini