-->

Perpustakaan Kota Medan Gelar Webinar Literasi Minat Baca

harian9 author photo


MEDANI H9
Seratus peserta dari dua perguruan tinggi fi Medan mengikuti kegiatan web seminar atau webinar bertemakan Minat Literasi dan Gerakan Sadar Arsip yang diadakan Perpustakaan Kota Medan melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (21/10/2020). 

Peserta kali ini dari unsur mahasiswa khusus nya jurusan Ilmu Perpustakaan, serta para pustakawan dari berbagai daerah di Sumatera Utara. 

Webinar ini secara langsung dilaksanakan di Aula Perpustakaan Kota Medan dengan membatasi peserta hanya 25 orang dan pemateri dan dihadiri oleh dua orang narasumber sebagai pembicara yaitu Ishak,SS,M,Hum dari Sekertaris Prodia S.1 Perpustakaan dan Sain Informatika FIB USU dengan Muhammad Arifin,M.Pd sebagai Editor Buku dan Jurnalis.

Sementara ratusan peserta lainnya mengikuti webinar dari aplikasi zoom meeting. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan, Maya Fitriani menuturkan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. 

Maya menambahkan, peran perpustakaan tak hanya sebagai tempat untuk membaca buku, tetapi juga memantik minat masyarakat akan pentingnya literasi. 

"Jadi ide awal membuat webinar ini sebenarnya karena kita ingin masyarakat lebih sadar akan pentingnya literasi. Dimulai dari membaca, memahami dan menulis. Semua harus diawali dari membaca, dan kemauan untuk membaca itu dimulai dari kesadaran," ujar Maya, Rabu (21/10/2020). 

Lebih lanjut Maya mengatakan bahwa kegiatan webinar ini merupakan kegiatan Perpustakaan Kota Medan yang pertama dilakukan selama pandemi covid-19. 

Tak hanya diikuti mahasiswa, beberapa Aparatur Sipil Negara atau ASN juga mengikuti kegiatan untuk meningkatkan kapasitas. 

"Selain pelajar yang mengikuti webinar ini juga ada dari unsur ASN ya, kita ingin memaksimalkan fungsi pustakawan dan arsiparis dalam meningkatkan minat literasi masyarakat itu tadi. Juga memastikan adanya hubungan yang terjalin antara pembaca dan penulis," katanya. 

Maya mengatakan beberapa materi yang disampaikan diharapkan dapat membantu memotivasi peserta untuk tetap aktif membaca dan menghasilkan produk literasi di masa pandemi covid-19. 

"Pembicara dalam seminar ini juga bukan orang asing lagi di dunia perpustakaan khusus nya di Kota Medan. Kita berharap kegiatan ini dapat lebih memotivasi keinginan dan minat untuk membaca dan juga membuat tulisan sebagai produk literasi itu sendiri," imbuh Maya.(pp-04)
Komentar Anda

Berita Terkini