-->

Perputaran omset Investasi Pasar Hewan Kambing Ternyata Bisa Lebih Cepat Dari Properti

harian9 author photo
 

MEDAN| H9
Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD.RPH) Kota Medan bermaksud ingin menggandeng investor untuk kerjasama usaha Penggemukan dan Pasar Hewan Kambing di Lahan PD, RPH Kota Medan, Jalan Rumah Potong Hewan No.1 Mabar Hilir Medan. Kerjasama Investor yang dimaksud bisa dalam bentuk perusahaan  atau secara perorangan sebagai pemodal. Hal itu disampaikan Direktur Utama (Dirut) PD. RPH Kota Medan Ainal Mardiah, SPd. MSi kepada Harian9 di ruang kerjanya.

Dikatakannya, modal yang dibutuhkan untuk pengemukan pasar hewan kambing ini sekira Rp. 851 juta,  untuk biaya 600 ekor kambing,  yang dikeluarkan secara bertahap sesuai dengan kebutuhan dan jadwalnya. Sebab proses penggemukan membutuhkan waktu maksimal 60 hari dari kambing bakalan sampai layak jual. Maka selambatnya pada hari ke 61, kambing sudah layak dipasarkan.

"Untuk tahap awal ini, dilakukan penjualan pada pasar hewan nantinya dimulai dari 10 ekor perhari, maka dalam satu periode 60 hari sebanyak 600 ekor kambing yang akan dijual. Padahal kebutuhan daging kambing di kota Medan antara 70 sampai 100 ekor perhari, ucapnya. 

Menurutnya, diyakini proses perputaran omset pasar hewan kambing ini lebih cepat dari proses usaha properti. Sebab dalam usaha penggemukan pasar hewan kambing ini, masuk pada bulan ke tiga  dan seterusnya sudah menghasilkan laba. Diperkirakan pendapatan bersih untuk penjualan 1 ekor Kambing mencapai Rp. 280.000, maka  perolehan pendapatan bersih untuk 10 ekor Kambing perharinya mencapai Rp. 2.800.000 dan satu bulan pendapatan bersih bagi Investor mencapai Rp. 84.000.000.

"itu baru untuk penjualan 10 ekor perhari atau 300 ekor perbulan," terangnya.

Dijelaskannya, tujuan untuk dibuatnya penggemukan dan pasar hewan kambing di lahan PD. RPH Kota Medan yang luasnya  5,2 Hektar ini, adalah untuk memudahkan  pengusaha dan pedagang daging kambing  yang berjualan dipasar dalam kota Medan. hal itu dapat mempekecil biaya operasional dan tranportasi mencari kambing dari luar kota Medan untuk dipotong sesuai dengan syariat Islam, sehingga diyakini masyarakat benar-benar daging halal. Karena pemotongannya dilaksanakan di rumah Potong Hewan kota Medan, dengan juru sembelih halal yang bersetifikat MUI. 

Disebutkannya, Jikaberminat dapat menghubungi sekretaris Dirut PD.RPH Kota Medan Isa Anshari SFdi no hp. 081265647416 dan untuk hitungan estimasi biaya investasi yang dibutuhkan dapat dibaca pada tabel dibawah ini. (pu.001)     



Komentar Anda

Berita Terkini