-->

Pulang Bimtek dari Bandung, Sejumlah Kades di Sergai Lakukan Tes Swab

HARIAN9 author photo

SERDANG BEDAGAI | H9
Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), jumat (9/10/2020) pagi menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab test yang digelar oleh Dinas Kesehatan setempat. Tracing tes swab tersebut dilakukan seiring dengan adanya ratusan Kades di Kabupaten Sergai yang melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) ke Kota Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Sergai melalui Sekretaris nya dr Helmi Nur Sinaga kepada wartawan mengatakan, dilakukan nya Tracing tes swab terhadap Kades ini, untuk memastikan para Kades tersebut aman dari virus corona desease atau covid-19.

Sebab, lanjutnya, sejumlah Kades yang ada di Sergai ini telah melaksanakan Bimtek di Kota Bandung yang merupakan salah satu Kota yang terpapar pandemi virus corona.

"Hari kita lakukan tes swab terhadap sejumlah Kades yang melakukan Bimtek ke Bandung beberapa waktu lalu. Bahkan, surat pemberitahuan nya juga sudah kita sampaikan," ungkap dr Helmi Nur.

Dijelaskan Helmi, bahwa tes swab ini dilakukan untuk mendeteksi dini sekaligus mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Sergai. Namun mirisnya, lanjut Helmi Nur, dari dua ratusan lebih Kades yang telah mengikuti Bimtek tersebut, baru sekitar 8 orang Kades yang menjalani tes swab.

"Baru sekitar 8 orang Kades yang menjalani tes swab untuk hari ini. Untuk selebihnya, kita akan menunggu intruksi selanjutnya dari Pjs Bupati Sergai," ujar Helmi.

Terpisah, Kades Cempedak Lobang Edi Muslih, saat dikonfirmasi membenarkan dirinya telah menjalani tes swab. Hal itu dilakukan karena mendapatkan surat pemberitahuan dari Dinas Kesehatan.

"Iya (sudah tes), tadi saya bersama beberapa rekan Kades Lainnya.

Mudah mudahan tidak ada apa-apa atau semuanya negatif corona,"ungkap Edy saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, para Kades ini mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) di Kota Bandung pada tanggal 5 - 8 Oktober 2020. Bimtek tersebut diikuti sebanyak 200-an lebih Kades se-Kabupaten Sergai.(WPU06).


Komentar Anda

Berita Terkini