-->

Rencana Pemindahan Pasien Terkonfirmasi Positif, GTPP Covid-19 Paluta Adakan Rapat Koordinasi

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Sebagai tindak lanjut adanya penolakan rencana pemindahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Pemkab Paluta) selaku Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Paluta menyelenggarakan rapat koordinasi dalam rangka upaya dan pengambilan tindak lanjut untuk penempatan dan pemindahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ke tempat karantina/isolasi yang telah ditetapkan oleh Pemkab Paluta yakni di Hotel Purba Margana, Aek Godang, Kec. Hulu Sihapas di Posko Utama GTPP, Selasa (20/10/2020) malam.

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah kabupaten Paluta Burhan Harahap SH, Asisten I, II, dan III Setdakab Paluta, sejumlah Pimpinan OPD, Pabung Paluta Kodim 0212/ TS, Danramil 05/ PB, Direktur RSUD Gunung Tua, lembaga profesi bidang kesehatan antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Paluta, Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Kabupaten Paluta, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Paluta, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Kabupaten Paluta, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Paluta.

Rapat koordinasi dilakukan sebagai tindak lanjut karena adanya penolakan dalam prosesi pemindahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari RSUD Gunung Tua ke Hotel Purba Margana, Aek Godang, Kecamatan Hulu Sihapas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH selaku Koordinator Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam bimbingan dan arahannya menegaskan kepada pihak RSUD untuk mengedukasi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 bahwa program pemindahan ini merupakan betul-betul program pemerintahan, dan melakukan verifikasi pendataan terhadap yang layak dan belum layak untuk dikarantina berdasarkan aspek medis.
Beliau juga berpesan kepada Tim RSUD dan Faskes untuk memberikan informasi ke masing-masing atasan/pimpinan organisasi profesi dari Nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk memberikan pemahaman secara seksama dan bersama-sama supaya kegagalan pemindahan tidak terjadi lagi.

"Saya harap Tim Medis di RSUD untuk senantiasa berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam rangka penegakan pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Paluta,” tegasnya.

Untuk itu, sebagai langkah awal untuk tindaklanjut rencana pemindahan pasien ke tempat isolasi terpadu adalah terlebih dahulu melakukan edukasi dan pemahaman kepada pasien.
Selanjutnya, tim GTPP Covid-19 kabupaten Paluta melakukan verifikasi pendataan dan klasifikasi terhadap pasien yang layak dan belum layak untuk dikarantina berdasarkan aspek dan urgensi secara medis.

Untuk diketahui, rencana GTPP Covid-19 kabupaten Paluta untuk melakukan pemindahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ke tempat isolasi terpadu di Hotel Purba Margana, Aek Godang, Kecamatan Hulu Sihapas terpaksa harus dibatalkan sementara (pending) akibat adanya penolakan dari pasien dan keluarganya.(WD-009)
Komentar Anda

Berita Terkini